Rutinitas Pagi 1Dalam tips usaha dan gaya hidup yang ke 9 ini saya ingin berbagi mengenai rutinitas pagi saya. Saya mulai disiplin melakukan rutinitas pagi ini sejak tahun 2012 setelah membaca buku ‘The Miracle Morning oleh Hal Elrod’ . Banyak orang sukses didunia ini yang memiliki rutinitas pagi yang cukup strict termasuk CEO Apple Tim Cook, James Altucher, Richard Branson, John Lee Dumas.

Rutinitas pagi ini menurut saya sangat penting untuk mempersiapkan diri dan men-set saya untuk menghadapi hari- hari yang sibuk dengan tenang, membuat saya untuk tetap fokus terhadap target apa yang ingin saya capai hari itu dan tetap produktif. Ada beberapa hari dimana saya miss melakukan rutinitas ini dan dapat saya rasakan bahwa hari tersebut berlalu tidak focus dan terasa sulit untuk menjadi produktif., serasa seperti lebih reaktif daripada proaktif terhadap semua masalah.

Rutinitas pagi saya adalah sebagai berikut:

Dimulai pukul 5 pagi dan kadang lebih awal, bangun tanpa menekan tombol snooze pada alarm saya.

Setelah beberapa minggu melakukan ini secara rutin, biasanya body clock kita akan secara otomatis tahu kapan saya mesti bangun dan kapan saya mesti tidur tanpa alarm. Untuk saya, saya membutuhkan minimal 8 jam tidur untuk dapat produktif setiap harinya.

Dilanjutkan dengan aktifitas stretching/ simple yoga  dan meditasi singkat

Dengan cara memvisualisasi bahwa saya telah mencapai target tahun ini dan berusaha merasakan feeling of success nya. Untuk meditasi, dapat dilakukan diatas kasur, dan inti dari meditasi ini adalah me-recharge diri agar tetap focus pada longterm goal saya.

Setelah itu dilanjutkan dengan membaca beberapa buku tentang bisnis

Membaca menurut saya dapat membuka wawasan saya dan kadang dapat memberi beberapa idea kepada saya dan itu tidak mesti selalu yang berhubungan dengan bisnis.

Selanjutnya saya akan melihat kembali target tahun ini yang saya telah masukkan didalam trello

Tujuan dari ini adalah mengingatkan saya kembali akan target tahunan saya, dan target ini bukan mengenai bisnis saja melainkan personal development, family dan juga bisnis dan relasi.

Sekitar jam 7 saya akan keluar dari ruangan saya dan mulai menyiapkan sarapan pagi dan secangkir kopi fresh.

Sarapan pagi menurut saya adalah makanan yang terpenting dalam hari itu. Pada umumnya saya makan oats dicampur dengan biji bunga matahari, biji labu, kismis, kurma dan kadang dengan potongan buah pisang dan diampingi tentunya dengan secangkir kopi yang freshly roasted.

Ada beberapa hal yang saya usahakan dihindari di pagi hari:

  • Tidak membaca berita baik online maupun koran
  • Tidak menonton TV
  • Tidak mengechek email, ada waktunya untuk email bagi saya, dan apabila saya memulai hari dengan mengechek email, saya merasa bahwa saya lebih reaktif daripada proaktif

Melakukan rutinitas pagi telah merubah hidup saya, semoga rutinitas pagi saya diatas dapat memberi masukan bagi anda yang sedang berusaha untuk memiliki rutinitas pagi sehingga hidup anda lebih sukses.

Salam Amstirdam :)