Tidak ada bisnis yang instantSelamat datang di Tips Usaha dan Gaya Hidup yang ke 8. Akhir- akhir ini saya sering melihat banyak orang yang merasa dirugikan karena tertipu akan sesuatu yang akan membuat mereka memperoleh keuntungan secara finansial dalam waktu yang cukup singkat. Satu hal yang pasti di dunia ini adalah semua dibutuhkan waktu. Bayangkan saja untuk bisa kuliah anda perlu menyelesaikan tk, sd, smp, smu baru setelah itu anda bisa kuliah. Dan hal ini juga berlaku dalam berbisnis maupun berinvestasi, semua dibutuhkan waktu dan pengorbanan untuk bisa memperoleh hasil yang lumayan.

Keuntungan secara finansial merupakan hasil dari pengorbanan yang anda lakukan. Sebenarnya yang perlu dinikmati adalah proses nya, karena seperti petani kita pun mesti menanam bibit dari tanaman yang mau kita hasilkan, kita sirami dan beri pupuk setiap periode tertentu dan setelah kita sabar menunggu barulah diperoleh hasilnya sesuai dengan kualitas bibit dan intensitas energy yang kita masukkan.

Sebagai contoh, sewaktu memulai Amstirdam Coffee, kami lebih sering mendapatkan penolakan daripada pembelian dari customer, bisa saja sewaktu itu kami memutuskan untuk stop, tetapi kami tetap fokus dan yakin akan tujuan akhir kami yaitu memperkenalkan kopi Indonesia yang berkualitas tinggi terhadap masyarakat lokal. Dan setelah 3 tahun lebih kami baru bisa berada diposisi kami sekarang. Dari luar mungkin perjalanan ini terlihat cukup gampang, tapi banyak yang tidak mengerti seberapa besar waktu yang kami habiskan untuk mempersiapkan, membenahi pondasi dari usaha kami. Dan perjalanan ini juga tidak singkat, kami beberapa kali tertipu, terbuai akan tawaran yang luar biasa dari calon ‘customer’ kami, sales person yang membawa lari dana dari pelanggan kami, salah fokus akan target market dan akhirnya membuat kita sebagai bisnis berjalan tersendat- sendat dan meleset dari target bulanan yang kami tentukan sebelumnya. Tapi semua ini tidak membuat kami putus asa, kami terus maju karena kami percaya bahwa kami setiap hari membuat progress sekecil apa pun itu dan dalam waktu yang panjang progress ini akan dapat memberikan kami hasil yang luar biasa. Bayangkan saja setiap hari anda 1 langkah lebih dekat menuju impian anda, dan dalam satu tahun anda akan berada 365 langkah mendekati impian anda dan tidak menutup kemungkinan bahwa anda telah mencapai impian anda.

Satu hal yang perlu anda nikmati adalah proses nya, keuntungan finansial merupakan by-product dari proses yang anda nikmati setiap harinya. Dengan mengerti ini anda akan bisa menikmati setiap langkah yang anda lakukan dan perkerjaan akan menjadi seperti suatu kenikmatan dan bukan menjadi suatu beban. Apabila anda mempunyai mimpi untuk melakukan sesuatu, mengapa tidak langkah pertama itu anda start hari ini. Karena ada satu pernyataan dalam bahasa inggris yang kalau diterjemahkan seperti ini: waktu yang tepat untuk menanam pohon supaya tidak merasa panas adalah 20 tahun yang lalu, dan waktu yang tepat kedua adalah hari ini, bukan besok.

Kami sudah melakukannya dan bisa merasakan hasilnya, dan kami percaya anda juga dapat melakukannya. Jangan terlalu terbuai akan sesuatu yang instant, mulailah langkah anda hari ini.

Anyway salam Amstirdam dan sukses selalu :)