Selamat sore semuanya. Mulai minggu ini kita rencana untuk menjadikan posting Tips Usaha & Gaya Hidup menjadi posting mingguan, dimana ini akan lebih membahas lebih detail mengenai apa yang kita pelajari secara bisnis/ usaha dalam 1 minggu kebelakang.

Dalam Tips Usaha & Gaya Hidup kali ini kami ingin berbicara tentang keuletan dan kemampuan untuk pivot (mengubah arah usaha) dalam menjalankan usaha.  Sebagai pengusaha kita diwajibkan untuk keras kepala apabila kita yakin dengan apa yang kita pikirkan dapat berjalan, terutama apalagi kalau ide yang kita pikirkan merupakan sesuatu yang baru (blue ocean strategy) dan kontroversial. Sebagai pengusaha kita dituntut juga untuk dapat mengambil keputusan mengubah arah usaha apabila ide kita ternyata mendapatkan respon yang berbeda di pasaran.

Sebagai contoh, pertama kali kita membuat produk Kopi Luwak Amstirdam, pertama kali kita bermimpi bahwa alangkah indahnya apabila seluruh kamar hotel di Malang Raya menyajikan kopi luwak Amstirdam atau minimal kopi Malang & Batu di setiap kamarnya. Secara hitungan bisnis terlihat menarik sekali dan wisatawan yang datang ke kota Malang dan Batu itu jumlahnya jutaaan per tahunnya. Secara produksi dan pengemasan bisa kita  siapkan seiring dengan kenaikan permintaan.

Tak lama sesudah ide itu dipikirkan, kami mulai melakukan presentasi di beberapa hotel di Malang & Batu, dan permintaan bisa dikata mulai meningkat, namun growth yang kita inginkan tidak terjadi. Melihat ini kami menaikkan jumlah presentasi kami di hotel- hotel dan cukup aktif di asosiasi mereka namun growth yang kita inginkan masih tidak terjadi.

Setelah hampir lebih dari setahun melakukan penetrasi ke pasar hotel- hotel, kami putuskan untuk mencoba memasarkan produk tersebut dipasar retail dan ternyata diluar dugaan respon pasar lebih positif dan permintaan dari retailer terus meningkat.

Disini kami mencoba untuk ulet sewaktu mencoba penetrasi di pasar hotel- hotel, namun respon pasar tidak sesuai dengan ekspektasi kami, kami melakukan pivot (mengubah strategy pemasaran) untuk fokus dipasar retail dan ternyata respon pasar cukup positif.

Kami boleh dikata cukup beruntung, karena dengan pivot sekali kami bisa mendapatkan respon yang positif, namun ada beberapa teman kami yang harus pivot beberapa kali baru bisa dapat mendapatkan respon yang positif di pasar yang sesuai dengan produk mereka.

Sebagai pengusaha, kita dituntut untuk menjadi kreatif, ulet dan berani mengubah jalur apabila jalan yang diambil tidak sesuai dengan ekspektasi dan jangan pernah menyerah.

Anyway sampai jumpa di tips usaha & gaya hidup minggu depan.