4 Quadrant

4 Quadrant

Memulai usaha itu sederhana cuma butuh kesabaran yang luar biasa untuk bisa mendapatkan hasilnya. Berdasarkan pengalaman saya ada beberapa hal yang perlu diperjelas sebelum memulai usaha anda sehingga hasilnya dapat cepat dinikmati. Pastikan anda membaca artikel dibawah ini sebelum memulai usaha anda.

Setelah berkeciumpung di beberapa  bidang usaha, saya semakin rajin membaca buku- buku terutama yang bersangkutan dengan bisnis. Hari ini saya ingin membagi satu ilmu yang cukup penting sekali dan sudah diterapkan di semua bisnis saya, yaitu mengenai 4 quadrant dari Robert Kiyosaki. 4 Quadrant ini adalah 4 hal yang bisa dilakukan untuk dapat menghasilkan pendapatan bagi anda.

Yang pertama adalah menjadi pegawai/ karyawan, disini anda mendapatkan penghasilan yang tetap setiap bulannya tidak peduli apakah perusahaan tersebut mengalami kenaikan ataupun penurunan dalam profit mereka. Disini anda berkerja untuk orang lain atau dalam lain kata ada seseorang yang lebih senior daripada anda diperusahaan tersebut, dan disini penghasilan anda ditentukan dari berapa lama per hari anda kerja.

Yang kedua adalah self employed/ wiraswasta, disini anda bekerja untuk diri anda sendiri, rata- rata memiliki karyawan dibawah 3 orang. Anda tidak memiliki Boss, anda terlibat langsung di operasional dari usaha anda¬† dan disini boleh dikata anda memiliki ‘pekerjaan yang tetap’. Pendapatan anda masih ditentukan dari berapa lama anda bekerja diusaha anda setiap harinya, dan kelangsungan dari usaha ini bergantung dengan anda, dengan kata lain apabila anda sakit, mungkin pendapatan anda dapat menurun.

Yang ketiga adalah business owner/ pemilik usaha. Disini ada suatu sistem yang telah anda implementasikan dimana karyawan/ anak buah anda biasanya berjumlah diatas 3 orang dapat melakukan perkerjaan mereka sesuai dengan job description/ tanggung jawab masing- masing secara independent. Disini ada ketentuan jelas mengenai batasan- batasan tentang tanggung jawab mereka. Apabila ada masalah mereka sudah mengetahui siapa yang mesti dihubungi dan keputusan apa yang harus diambil. Bisnis ini dapat berjalan sendiri tanpa anda perlu terlalu terlibat di operasionalnya. Penghasilan anda disini tidak ditentukan dari berapa banyak waktu anda yang dihabiskan untuk operasional dari usaha ini, dan disini anda bisa lebih fokus untuk dapat mencari peluang- peluang usaha yang lain.

Yang ke-empat adalah Investor/ Penanam Modal. Disini uang yang anda investasikan bekerja untuk anda, pendapatan anda sudah tidak ditentukan lagi dari berapa banyak waktu anda yang dihabiskan di operasional dari usaha ini. Tapi ditentukan dari berapa banyak investasi yang anda lakukan dan yang menghasilkan cashflow positif.

Nah sekarang mau pilih yang manakah anda? bekerja untuk uang atau uang yang bekerja untuk anda?

Selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)