SWOT Analysis Kopi Luwak Amstirdam

SWOT Analysis Kopi Luwak Amstirdam

Memulai suatu usaha baru  itu gampang- gampang susah. Yang pasti godaan untuk mundur itu selalu ada apalagi kalau lingkungan disekitar kita kurang mendukung. Tips usaha bagian yang ke 3 hari ini saya ingin membagi beberapa analisa yang saya lakukan sebelum kita launch/ memperkenalkan produk kita yaitu Kopi Luwak Amstirdam.

Artikel ini adalah bagian ke 3 mengenai perjalanan usaha saya, apabila ingin membaca bagian- bagian sebelumnya, silahkan klik dibawah ini:

Bagian 1

Bagian 2

Analisa pertama yang saya lakukan adalah SWOT analysis ( wikipedia-nya ada bisa dibaca disini). Secara sederhana SWOT merupakan kependekan dari Strength (keunggulan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan) dan Threat (halangan).

Strength/ Keunggulan ini merupakan hal penting yang membedakan produk kita dengan produk sejenis lainnya yang sudah beredar dipasaran. Untuk Kopi Luwak Amstirdam pada waktu itu keunggulan kami adalah:

  • Salah satu yang pertama di kota Malang yang mampu me-roast kopi luwak dengan benar sehingga aroma dan citarasa dari kopi luwak asli Malang dapat muncul sekali.
  • Kemampuan kami dibidang kopi waktu itu kami anggap lebih dari yang ada dipasaran.
  • Kami adalah kepanjangan tangan dari para petani yang kami bina, jadi perubahan dapat cepat kami lakukan

Weakness/ Kelemahan ini merupakan hal penting yang tidak dapat disepelekan. Pada umumnya kelemahan ini merupakan hal penting yang harus dirubah menjadi keunggulan kita dipasaran. Pada waktu itu kelemahan Kopi Luwak Amstirdam adaha:

  • Modal kami terbatas
  • Sudah ada produk sejenis yang beredar di pasaran
  • Rasa kopi hanya identik dengan rasa pahit dan manis

Opportunity/ Kesempatan ini berhubungan erat dengan target market yang akan kami sasar. Pada umumnya selalu ada celah di market yang tidak pernah disentuh oleh produk- produk sejenis yang ada dipasaran. Untuk Kopi Luwak Amstirdam, opportunity waktu itu adalah:

  • Ada banyak bisnis hospitality (hotel, restoran dan cafe) yang belum mengenal bahwa kota Malang memiliki potensi Kopi Luwak.
  • Bisnis pariwisata sedang berkembang pesat di kota Malang, kalau ngga salah jumlah pengunjung sewaktu itu dikisaran 2 juta pengunjung setiap tahun-nya.

Threat/ halangan ini berhubungan erat dengan kelangsungan bidang usaha kita. Halangan ini bersifat sesuatu yang berpotensi terjadi di kemudian hari yang akan menghambat kelangsungan usaha kita. Pada waktu itu threat untuk kita adalah:

  • Belum adanya tehnik yang diakui oleh pemerintah untuk membuktikan keaslian dari kopi luwak
  • Munculnya produk baru yang akan menggantikan kopi luwak
  • Gagal panen
  • Banyaknya binatang luwak yang diburu oleh masyarakat karena dianggap mengganggu.

Berdasarkan beberapa point diatas, kita dapat memutuskan apakah kita masih akan melangkah kedepan ataupun mundur. Dalam hal ini, setelah mempertimbangkan point- point diatas kami memutuskan untuk melangkah kedepan.

Dalam edisi selanjutnya saya ingin membagikan beberapa tips yang saya pelajari selama menjalankan usaha ini.

Anyway Salam Amstirdam, dan selamat melanjutkan aktifitas kembali.