Third Wave Coffee

Third Wave Coffee, Kopi Generasi Baru, Kopi Generasi Yang Baru

Third wave coffee : Topik hangat ini sering muncul didalam diskusi dengan para pecinta kopi beberapa bulan terakhir dan juga beberapa blog mengenai kopi.

Third wave coffee itu sebenarnya merupakan gerakan atau gebrakan untuk menghasilkan kopi yang benar-benar berkualitas tinggi sehingga kopi itu tidak dianggap lagi sebagai barang komoditas dengan nilai jual yang segitu gitu aja tapi kopi dianggap sebagai suatu produk dengan nilai   yang berharga sesuai dengan pengolahan, citarasa dan aroma yang dihasilkan., seperti halnya dengan wine dan teh

Rantai suplai (Supply Chain)  untuk kopi itu lumayan panjang, bermula dari bibit  kopi yang dipilih/ditanam  oleh petani hingga ke cangkir kopi yang dinikmati oleh pelanggan setiap harinya. “Third wave coffee” mengubah pola pikir semua pihak yang terkait mengenai kopi.

Sebagai contoh, untuk meningkatkan kualitas kopi yang dinikmati pelanggan (pecinta kopi) di setiap cangkir, kualitas bibit yang dipilih mesti tinggi, posisi penanaman bibit/ pohon kopi, proses pemetikan buah kopi yang hanya memetik buah kopi yang sudah merah saja, proses  pasca panen yang benar, system sortasi biji kopi yang benar, penyimpanan kopi dengan kadar air yang benar, proses penyangraian  (roasting) kopi yang benar, kemasan yang tepat setelah penggorengan, resting time yang benar pasca roasting, grind on demand (biji kopi yang masih fresh digiling pas sebelum penyajian), penyajian dengan tehnik dan temperature air  yang benar, kualitas air,  suhu dan kualitas susu yang mesti benar dll dll dll. Suatu proses yang benar benar kompleks dari semua pihak terkait  namun hasil yang didapatkan juga sebanding.

Banyak pihak yang sekarang sudah mengerti mengenai hal ini. Pemerintah saat  ini juga  sudah  membimbing para petani melalui dinas pertanian setempat, coffee buyer dari luar negeri maupun domestic juga ikut membimbing para petani melalui program program mereka (Direct trade, cup of excellence, organic, single origin,dll), hal ini juga diimbangi dengan banyak hadirnya kedai kedai kopi (coffee shops) yang benar benar fokus untuk menghasilkan kopi yang berkarakter dan ber kualitas tinggi (micro roaster, celebrating individual farms/ single estates, matching coffee with food, micro lot ,dll dll), dan pada akhirnya customer/ pelanggan  yang mulai menghargai dan menikmati kopi kopi yang memiliki karakter unik dari masing masing lokasi.