Ada banyak cerita, ada banyak cara dan trik menikmati yang satu ini, seperti minum kopi gelas terbalik.

resep kopi, kopi unik, minum kopi gelas terbalik, minum kopi

Dari masing-masing tempat mempunyai ciri khas mereka sendiri, minum kopi cara biasa bisa kita temukan dimana-mana, tapi dengan minum kopi gelas terbalik mungkin masih jarang kita temui, di Aceh sangat populer minum kopi gelas terbalik, karena ada sejarahnya, jenis kopi dari aceh susah larut dengan air, jadi mereka membalik gelas dan minum kopi dengan cara yang unik.

Ada beberapa tempat memang menyajikan dengan gelas terbalik ini tak hanya di Aceh, dan menarik minat penikmat kopi untuk menikmati sajian yang unik.

Dari segi rasa, aroma, dan after taste yang didapat dari cara munim yang unik ini, saya akan bahas sekilas dengan mencoba untuk eksperimen hari ini. Agar tahu hasilnya luangkan waktu Anda 5 – 10 menit membaca sampai habis artikel berikut.

Saya siapkan bahannya yaitu kopi bubuk 7 – 8 grm untuk masing gelas atau cangkir kopi. Kopi bubuk yang saya gunakan tetap dari Amstirdam Civet Coffee agar kopi saya hari ini tetap kopi spesial.

kopi bubuk, kopi, bubuk

Kopi Luwak Bubuk

 

kopi luwak bubuk

Kopi Luwak Bubuk

Pre infusion selama kurang lebih 20 detik dengan menyeduh sedikit mungkin air tapi tetap merata kira-kira 15ml, agar pori-pori kopi terbuka dan air lebih meresap, selama pre infusion Anda akan mencium aroma kopi yang sangat kuat, segar, dan sangat menggugah.

pre infusion kopi

Pre Infusion

Tambah air panas menjadi 60ml secara merata, dan tutup yang rapat selama kurang lebih 3,5 menit.

tambahkan air kopi

60ml Air Panas

 

seduh kopi, tutup gelas kopi

Seduhan Terahir

Sekarang saatnya membalik salah satu gelas/cangkir kopi seperti yang diatas “Minum kopi dengan gelas terbalik”. Sebelumnya jika Anda ingin mengaduk kopinya silahkan, ini akan menambah body yang lebih kental, tapi disini saya tidak perlu mengaduk, cukup saya buang minyak atau ampas yang mengapung dan hasilnya kita dapatkan body yang sedikit lebih ringan (bright).

kopi gelas terbalik

Minum Kopi Gelas Terbalik

 

Skor :

Penilaian Dibalik Tidak dibalik
Aroma 6 8
Rasa 7 7
Body 7 8
After Taste 7 7
Total 27 30

 

Kesimpulan :

Minum kopi gelas terbalik”… hem.. iya, ini sangat unik, tapi saya pribadi kurang menikmati rasa kopinya, body kopi menjadi ringan sekali, mungkin karena saya pribadi lebih suka dengan kopi yang lebih tebal pada body-nya. Minum kopi dengan gelas terbalik memang memberikan sensasi yang berbeda dari cara minum kopi lumrahnya, dan salah satu kelebihan yang saya dapatkan adalah, panas kopi lebih lama pada gelas yang terbalik, karena panas kopi tetap didalam. Aroma kopi juga tetap berada didalam, jadi saat minum kopi serasa aromanya berkurang, dikarenakan tertahan tutup wadah, untuk waktu yang lama aroma tetap ada begitu wadah penutup dibuka.

Bagaimana dengan cara minumnya? Kita bisa gunakan sedotan atau minum langsung dari wadah penutup gelas, jadi lebih susah minumnya namun Anda bisa mencoba jika bosan dengan cara minum kopi biasanya dan dapatkan sensasi yang berbeda.

Salam Penikmat Kopi.