Bersama Mas Aditya (roaster dan supervisor Labore).
(Foto: @hariobbie)

#JelajahKopiMalang — Sore itu kami memutuskan untuk mampir ke coffee & eatery yang sudah cukup lama berdiri di kota Malang. Cukup dengan beberapa menit berjalan kaki dari Amstirdam, kami tiba di Labore Coffee Eatery yang terletak di Jalan Soekarno Hatta 25. Jelajah kopi di Labore kali ini disambut oleh Mas Aditya, selaku roaster sekaligus supervisor di Labore Group.

Mas Aditya menjelaskan makna dari nama Labore yang menarik ini. Labore ternyata bermakna ‘bekerja’. Kata ini diambil dari kalimat bahasa Latin yaitu ora et labora yang berarti bekerja dan berdoa. 

Coffee Roaster Froco milik Labore.
(Foto: @hariobbie)

Selain coffee & eatery, banyak yang belum tahu kalau Labore juga memiliki roastery sendiri. Labore Coffee Roastery ada sejak 2016, atau tepatnya 6 bulan setelah Labore Coffee & Eatery berjalan. Roastery mereka juga menjadi supplier untuk Oura yang juga satu manajemen di Labore Group.

Premium Chilled Coffee by Labore Coffee & Eatery.
(Foto: @hariobbie)

Tahun ini Labore mengeluarkan kemasan baru untuk signature premium chilled coffee mereka. Kemasan baru yang unik ini tentu sangat instagrammable bagi penggiat sosial media. Mas Adit juga bercerita bahwa kemasan unik Labore ini sebenarnya sudah diproduksi sejak awal Labore, namun baru dirilis baru-baru ini. Es kopi dengan kemasan unik ini terdiri dari 3 varian rasa yaitu original, coconut dan strawberry. Blend yang digunakan adalah arabika dan robusta. Mas Adit menyuguhkan varian rasa strawberry saat itu. Selain itu kami juga diberi kesempatan untuk merasakan sensasi smooth dan creamy dari varian Cold Brew White mereka yang sangat terasa juga cold brew-nya. 

Truffle Fries with Cheese Sauce.
(Foto: @hariobbie)

Tidak hanya kopi saja, ada banyak menu makanan nikmat di Labore yang siap menemani. Kami mencoba dua menu andalan menurut rekomendasi Mas Adit yaitu Truffle Fries yang disajikan dengan cheese sauce yang nikmat sekali. Untuk makanan beratnya, kami mencoba Loco Moco, yaitu main course berupa Beef Patty dan Gravy Sauce. Kami bisa memilih menu ini untuk disajikan dengan nasi atau kentang.

Loco Moco — Salah satu menu main course andalan.
(Foto: @hariobbie)

Kami merasa nyaman dengan suasana Labore yang sangat cozy dengan cahaya lampu yang bernuansa warm. Cocok juga suasananya untuk penggemar kopi yang ingin mencari tempat nyaman untuk bekerja di luar kantor :)

“Pengunjung Labore biasanya selain minum kopi juga karena mencari suasana nyaman di Labore. Untuk makan juga sih biasanya, karena kami memang menyediakan menu makanan berat juga. Untuk yang ingin meeting, kami juga menyediakan ruangan meeting yang luas dan kedap suara.” cerita Mas Adit ketika kami menanyakan apa yang dicari orang ketika memilih Labore.

Kunjungi Labore dan nikmati pengalaman seperti yang kami rasakan disana sore itu. Untuk informasi lebih lengkap tentang Labore, kunjungi Instagram mereka di @laborecoffeeroastery & @laborecoffeeeatery. Selamat mencoba :)