Memilih kopi bubuk atau kopi biji fresh?

Masing-masing ada keuntungannya sendiri, kopi bubuk Anda tidak perlu punya penggilingan sudah bisa menikmati kopi, sedangkan kopi biji, Anda mungkin perlu penggilingan untuk membuat jadi kopi bubuk, tapi kelebihannya, Anda bisa memilih biji kopi yang Anda suka dan profile penggilingan seperti apa yang Anda inginkan.

 

kopi bubuk, kopi biji, kopi luwak, kopi, luwak, bubuk, biji

Experimen kopi tubruk hari ini saya mencoba menggunakan kopi bubuk yang sudah digiling sekitar 2 jam sebelum diseduh dan disimpan dalam wadah tertutup (Bukan One Way Valve), dan kopi bubuk yang baru digiling dan langsung diseduh tanpa dibiarkan terlebih dahulu.

Masih mengguakan kopi luwak Amstirdam sebagai bahan utama, dan saya akan membuat kopi tubruk dengan cara baru, buat yang belum tahu maksud saya dengan cara baru, lihat disini !

Masing-masing kita membutuhkan 14 grm kopi bubuk, sebelumnya kopi biji yang disapkan saya grinder menjadi kopi bubuk,

kopi luwak bubuk grinder, kopi, luwak, bubuk, grinder

Masing-masing gelas diisi denagn 14 grm kopi luwak Amstirdam, baik bubuk yang lama dan yang baru digiling (gelas kiri bubuk lama, dan gelas kanan bubuk yang baru di giling),

resep kopi luwak, resep, kopi, luwak, tubruk

Seduh dengan air panas 34ml air panas ± 95˚C, biarkan selama 45 detik,

seduh kopi luwak, seduh, kopi, luwak

Setelah 45 detik, tambahkan air panas menjadi 180ml dan tunggu selama 3,5 menit sambil ditutup seperti kopi tubruk sebelumnya

seduh kopi luwak, seduh, kopi, luwak

Terakhir, seperti biasa, buang ampas (minyak kopi) yang mengapung, dan kopi tubruk siap untuk dihidangkan!

kopi tubruk, kopi, tubruk, luwak kopi, kopi luwak, kopi, luwak

Saatnya memberikan skor pada masing-masing kopi tubruk, (kanan kopi tubruk dengan biji kopi baru digiling, dan kiri adalah biji kopi yang sudah lama digiling)

Tabel Skor

Penilaian kopi bubuk yang sudah lama digiling Kopi bubuk baru digiling
Aroma

7

8

Rasa

6

8

Body

5

7

After Taste

6

8

Total

24

31

 

Kesimpulan:

Kopi bubuk yang sudah lama digiling tentu akan lebih lama juga bereaksi dengan udara sekitar, apalagi disimpan dengan wadah vacum, tidak bisa mengeluarkan gas yang dikeluarkan oleh kopi, jadi saat diseduhpun aroma kopi berkurang, rasa dan body berkurang drastis, dan after taste dari kopi tubruk dengan kopi yang sudah lama disimpan juga sangat berpengaruh.

Kopi biji yang baru digiling dan langsung diseduh? ini berbanding terbalik dengan sebelumnya, aroma sampai after taste dari kopi tetap terasa, body tetap full.

Bagaimana dengan kopi yang dikemas dalam kemasan One Way Valve seperti kopi luwak Amstirdam? kita bahas minggu depan!

“Selamat mencoba, Salam Hangat Penikmat Kopi”