Pengaruh Kopi Bubuk Pada Aroma dan Rasa Kopi Tubruk.

Kopi Bubuk : Halus dan kasar-nya bubuk kopi sangat berpengaruh pada rasa serta aroma kopi tubruk yang saya coba hari ini !

resep-kopi-tubruk

Beberapa pekan kemarin sempat saya bahas cara membuat kopi tubruk, teman-teman dirumah juga mungkin sudah pernah membuatnya. Kesempatan kali ini saya akan membandingkan kembali “aroma, rasa, body, dan after taste” dari kopi tubruk yang saya buat dengan jenis kopi yang sama, sangrai, dan saya masih menggunakan kopi luwak Amstirdam sebagai bahan utama kopi tubruk saya.! Terus apa yang berbeda?  Yang beda kali ini adalah “Tingkat kehalusan bubuk Kopi yang saya gunakan”.

Pertama : Siapkan kopi biji yang sudah disangrai, atau jika tidak ingin repot-repot giling, Anda bisa gunakan kopi bubuk yang sudah ada namun tingkat kehalusannya berbeda. Kopi biji yang sudah disangrai kita bagi dua, yaitu masing-masing 20grm, dan digiling, yang pertama digiling dengan profile kasar (sedikit lebih kasar), dan yang kedua digiling halus. Anda bisa kira-kira dirumah berapa tingkat kekasarannya.

Ke-dua : Masukkan kedalam gelas ukuran sedang, masing-masing 14grm, baik yang kasar dan yang halus.

Kopi Bubuk Kasar

Kopi Bubuk Kasar

kopi-bubuk-halus

Kopi Bubuk Halus

Ke-tiga : Sama persis dengan eksperiment kopi tubruk sebelumnya. Tambahkan 34ml air panas ± 95˚C, dan biarkan selama 45 detik

 

Kopi Bubuk Kasar

Kopi Bubuk Kasar

kopi-bubuk-halus

Kopi Bubuk Halus

Ke-Empat : Setelah 45 detik, tambahkan lagi menjadi 180ml air panas,

Kopi Bubuk Kasar

Kopi Bubuk Kasar

kopi-bubuk-halus

Kopi Bubuk Halus

Ke-Lima : Saanya menutup rapat dan biarkan selama 3,5 menit,

resep-kopi-tubruk

Ke-Enam : Setelah 3,5 menit, buang ampas masing-masing kopi tubruk sampai bersih.

resep-kopi-tubruk

Saanya memberikan skor pada masing kopi tubruk.

Penilaian Kopi Bubuk Kasar Kopi Bubuk Halus
Aroma 8 6
Rasa 6 8
Body 6 7
After Taste 8 6
TOTAL 28 27

Kesimpulan:

Pada kopi tubruk di atas, memiliki kelebihan masing-masing, antara aroma, rasa, body dan after taste. saya mulai dengan kopi tubruk yang menggunakan kopi bubuk kasar (tidak halus), aroma kopi setelah beberapa saat lebih menyengat, namun rasa yang ditimbulkan kurang, dikarenakan bubuk kopi masih kasar, jadi air lebih lama menyerap kedalam butiran kopi, body tidak terlalu full dimulut tapi mempunyai after taste yang lebih dibandingkan dengan kopi tubruk yang menggunakan kopi bubuk halus, kopi bubuk halus lebih menonjol pada rasa, dan aroma pada kopi tubruk yang menggunakan kopi bubuk halus lebih cepat menghilang.

Sekian dan jangan lupa komentar Anda, Selamat mencobanya dirumah, Salam hangat Penikmat Kopi