Eksperimen Kopi Rebus

Kopi sore ini tidak seperti biasanya, jika sebelum-belumnya eksperimen kopi dengan cara menyeduh dalam gelas atau cangkir. Kali ini saya langsung membuat kopi dengan cara merebusnya.

Sebagian orang bilang ini mantap.. tapi bagaimana kalau kita coba bersama hari ini.

Siapkan saja 20 gram kopi bubuk yang frresh, (saya gunakan kopi luwak Amstirdam fresh), Pemanas: kompor/pemanas elektrik, air jangan ketinggalan karena air adalah komponen utama membuat kopi.

Untuk memasak kita bisa gunakan wadah apa saja yang penting tidak terbuat dari plastik dan masukkan 170 ml air, kenapa 170 ml?
Jika air kita panaskan maka akan menguap, kita Cuma butuh 160 ml air panas.

Caranya?

Masak air sampai mendidih, masukkan bubuk kopi, aduk rata bagian atasnya saja supaya tercampur rata  dan biarkan selama 1 menit, boleh kurang jangan sampai lebih, karena kalau waktunya terlalu lama kopi akan terasa gosong.

Langsung saja, gambar dibawah adalah proses merebus kopi.

kopi rebus, kopi yang direbus, kopi

Kalau sudah satu menit saatnya dihidangkan, hati-hati panas, bila perlu gunakan pelapis tangan waktu mengangkat wadah dan tuangkan kegelas/cangkir.

kopi yang direbus

Sedikit saran saja, jika ingin membuat kopi rebus, sebaiknya panaskan dulu air sampai mendidih supaya saat memasukkan kopi, kopi tidak terlalu lama terendam dalam air, ini akan membuat rasa berubah drastis, waktu yang dibutuhkan merebus kopi mulai pertama memasukkan bubuk kopi jangan lebih dari satu menit, karena akan membuat kopi terasa gosong dan ber-aroma tidak sedap lagi.

OK.. Untuk eksperimen diatas memang perbedaan lebih kepada body kopi yang begitu kental, rasa pahit yang begitu kuat. karakter kopi yang alami sedikit berkurang. aroma lebih tajam tapi kembali lagi, jika terlalu lama makan aroma akan berubah (ber-aroma gosong).

Selamat Mencoba Dirumah..!