Kopi luwak jadi salah satu upaya meningkatkan nilai tambah komoditas kopi Indonesia.

kopi luwak indonesia

Kopi Luwak : Bandingkan dengan kopi biasa kualitas nomor 1 yang harganya masih berkisar US$ 4,5/kg, sedangkan kopi luwak 4 tahun belakangan ini harganya di pasar internasional semakin meningkat tajam, bahkan mencapai US$ 350 atau Rp 1 juta sampai Rp 3,5 juta per 1 KG (bentuk biji kering (kadar air 11,5%).

Keunikan kopi luwak membuatnya masih menjadi yang nomor satu. Kemasyhuran kopi luwak terkenal sampai kemancanegara, bahkan di Luar Negeri, terdapat kafe yang menjual kopi luwak (Civet Coffee) dengan harga yang mahal.

Penelitian terhadap kopi luwak masih terus dilakukan. Hal ini dianggap perlu karena kopi luwak masih menyimpan banyak manfaat yang belum terkupas. Bagi Anda yang menggemari kopi luwak, anda bias mencari tahu tentang beberapa keunikan dan manfaat dari kopi luwak ini.

Dari beberapa artikel yang pernah saya baca salah satunya adalah mencegah diabetes, tapi saya tidak berani mengklaim, karena butuh penelitian lebih lanjut. Satu yang jelas membuat kopi luwak berbeda adalah tingkat keasaman yang lebih rendah dari kopi biasa, jadi lebih aman untuk dikonsumsi.

Semoga kita tetap bias menjaga kualitas kopi luwak Indonesia supaya tetap menjadi nilai tambah untuk komoditas pertanian di Indonesia.