Kopi Luwak adalah kopi termahal di dunia, tahu kenapa?

Tahukah anda kopi apa yang paling mahal di dunia…? Benar..! Kopi luwak jawaban-nya. Dan yang patut dibanggakan, kopi luwak ternyata asli berasal dari Indonesia.

kopi luwak, kopi luwak termahal didunia

 

Tapi apakah anda semua tahu apa yang membuat kopi luwak menjadi begitu mahal. Pasti rata-rata menjawab tidak tahu. Artikel ini akan membahas secara singkat sebab mahalnya kopi luwak.

Luwak adalah binatang mamalia penggemar buah-buahan yang masih satu keluarga dengan musang atau bajing(jawa). Luwak juga menggemari buah kopi yang ditanam oleh petani-petani kopi. Namun luwak memiliki sifat natural yang pemilih seperti halnya kelelawar pemakan buah, dia hanya mau memakan buah kopi yang benar-benar matang. Tapi tidak semua bagian buah kopi yang tercerna, biji kopi dan lapisan pelindung biji atau biasa disebut kulit tanduk tetap utuh dan keluar bersama feses si luwak.

Lalu kenapa Kopi Luwak Mahal harganya?

Dalam sekali panen petani kopi akan menghasilkan berton-ton kopi yang siap dijual, lain halnya dengan kopi luwak yang boleh dikata sebagai limited edition atau terbatas. Dalam sehari tidak lebih dari 50 gram biji kopi yang bisa diambil atau ditemukan. Faktor kuantitas ini yang melejitkan harga kopi luwak.

Kopi luwak memakan waktu yang lama untuk memproduksinya. Proses pencucian yang berulang kali, proses penghancuran/ pemecahan kulit tanduk pembungkus biji kopi, proses pengeringan selama beberapa hari untuk mencapai kadar air tertentulalu proses penyortiran biji kopi yang memakan waktu cukup lama juga.

Sifat natural luwak yang pemilih membuat biji kopi yang dihasilkan adalah biji kopi yang terbaik, hal ini juga turut mempengaruhi harga kopi luwak. Kenikmatan kopi luwak sudah sangat dikenal, hal itu sangat dipengaruhi juga oleh berbagai faktor contoh, cara penyajian-nya yang benar. Proses roasting yang kurang tepat akan menurunkan kualitas, sehingga perlu seorang master roaster yang mampu menyangrai dengan profil yang paling sempurna.

Faktor yang terakhir adalah nilai eksotik kopi luwak, yang menurut sebagian orang adalah kopi yang tak lazim dan unik. Sebenarnya tidak perlu disebutkan alasan mengapa orang akan rela membayar mahal untuk secangkir kopi yang eksotik dan unik. Seorang pecinta kopi dan yang passionate terhadap kopi tentu tak akan terlalu memikirkan biaya yang mereka keluarkan untuk menyeruput nikmatnya kopi unik, eksotik, dan eksklusif (Kopi Luwak).

Itulah beberapa faktor penyebab harga kopi luwak jauh lebih mahal dari kopi biasa.