Coffee Syphon

Coffee syphon pertama kali diperkenalkan di Prancis dan Jerman lalu ke benua Amerika dan keseluruh dunia, coffee Syphon sekarang sedang populer di Asia timur seperti Jepang dan Korea, tidak ketinggalan Indonesia tercinta.

Coffee Syphon terdiri dari empat bagian yaitu dua tabung atas dan bawah, pipa untuk mengaliri air dari tabung bawah ke tabung atas dan yang terahir tentu saja pemanasnya.

Eksperimen Kopi Hari Ini

Coffee Syphon, Kopi Luwak Syphon

Eksperimen saya hari ini adalah untuk menemukan sesuatu yang baru dari kopi luwak yang saya gunakan yaitu kopi luwak Amstirdam dan Coffee Syphon Hario.

Rasio Air dan Kopi

Saya siapkan terlebih dahulu coffee syphon dan air yang sudah dipanaskan supaya tidak terlalu lama menunggu air mendidih pada wadah syphone, tuangkan air ke dalam chamber bawah, untuk takaran airnya tidak perlu repot-repot karena sudah ada batas takarannya sendiri pada wadah bawah syphon. Jika ingin membuat satu takaran cangkir, Anda tinggal menuangkan air sampai batas satu cangkir pada chamber bagian bawah syphon.

coffee syphon

Kopi luwak Amstirdam bubuk saya siapkan juga 20grm saya rasa cukup untuk 2 cangkir cantik saya. Usahakan menggunakan kopi bubuk yang fresh/baru digiling.

Nyalakan pemanas  dan kita tunggu sampai air mendidih/mengeluarkan gelembung pada chamber bagian bawah dan pasangkan chamber bagian atasnya yang terdapat filter.

nyalakan pemanas syphon

Tunggu sampai air naik ke chamber atas dan perhatikan temperatur air.

air mendidih

temperatur air

Tuangkan kopi bubuk 20 grm / dua sendok.

kopi bubuk

Aduk keatas – kebawah kurang lebih 8 kali / 8 detik, tujuan mengaduk secara vertikal adalah agar tidak terjadi tekanan kebawah sebelum kopi terekstraksi sempurna.

coffee syphon

Kita tunggu maksimal 37 detik sebelum mematikan pemanas yang ada dibawah.

pemanas coffee syphon

Jika sudah 37 detik kurang lebih, ini saatnya kita matikan pemanasnya.

Aduk 3 kali saja, ini membantu tekanan kebawah agar air yang sudah tercampur sempurna dengan kopi turun ke chamber bagian bawah syphon.

chamber bawah syphon

Kopi Luwak Syphon

Saya ambilkan dulu 2 cangkir dan kita sajikan. SELESAI..!

luwak coffee syphon

Kopi Luwak Syphon siap dinikmati, dari cara saya diatas kira-kira rasa apa yang saya dapatkan? Kita ulas bareng-bareng.

Sajikan Kopi Luwak Syphon

 

Ulasan :

Memang body kopi tidak sebesar tubruk dan franch press, tapi ada aroma dan rasa lain yang saya dapatkan dari kopi luwak ini, dari segi aroma saya dapati Aroma Caramel candy like (seperti makan permen karamel) Wooww..

Taste-nya yang smooth bisa saya kategorikan Sweet – Mild. Pengalaman luar biasa saya hari ini.

 

Ingin Punya Coffee Syphon Hario?

Atau

Merasakan kenikmatan kopi luwak Amstirdam Grade A?

Hubungi sekarang juga : +(62) 0821-2256-4048 / BB: 21FC9B16 untuk memesan online