Cupping Test Kopi LuwakCupping test adalah salah satu cara untuk menentukan atau memberikan sebuah nilai pada citarasa kopi. Melakukan cupping test adalah hal paling tersulit terutama dalam menentukan nilai-nilai dari variable kopi.

Ada beberapa cara melaukakan cupping test, salah satunya dengan cara dibawah ini. Perlu diketahui untuk kopi luwak mungkin akan membutuhkan satu variable penilain lagi yaitu nilai eksotis dari kopi luwak itu sendiri.

Sebelum melakukan cupping test untuk kopi luwak atau kopi-kopi lainnya kita perlu melalukan persiapan sederhana terlebih dahulu, yaitu menyiapkan beberapa bahan untuk melalukan cupping itu sendiri.

  1. Sediakan 3 – 4 cangkir, gelas, atau wadah lainnya yang kira-kira bisa menampung 170 – 180 ml air.
  2. Gunakan kopi luwak atau kopi lainnya yang masih fresh (roasted bean atau dalam bentuk filter ground).
  3. Perhatikan temperatur air agar hasil yang didapat pada ekstraksi kopi luwak menjadi maksimal.

Yang saya sebutkan diatas adalah beberapa persiapan cupping test, untuk melalukan cupping test pertama anda, alangkah baiknya menggunakan satu varian kopi saja yang mempunyai profile yang sama, atau tanggal roasting yang sama.

Satu hal terpenting dalam melakukan cupping adalah pengalaman yang lambat laun akan terasah seiring dengan rutin melakukan cupping juga. Dari pengalaman cupping ini anda bisa mendefinisikan karakter-karakter tertentu juga baik buruk kualitas dari kopi luwak ataupun kopi biasa.

Kopi luwak yang berkualitas adalah kopi luwak yang mempunyai karakter tertentu yang tidak ditemukan dalam kopi luwak lainnya, dimana kita bisa mendefinisikan karakter tersebut dan orang lain bisa memahami juga membayangkan cita rasa kopi luwak tersebut.

Berbicara cupping test dalam kopi luwak tidak lagi berbicara masalah full body, balance, acidity, bitter, dll. Tapi akan lebih mengacu pada karakter seperti yang saya utarakan diatas. Tidak banyak yang mampu memberikan difinisi karakter secangkir kopi. Kita sebagai orang awam hanya bisa memberi statement atau pendapat jika kopi luwak ini enak atau tidak, dan itu wajar-wajar saja. Sebagian besar orang tidak bisa memberi definisi nikmat nya kopi luwak itu seperti apa, kebanyakan berkata: “Kopi luwak ini enak sekali..!”.

Jika berbicara tentang kopi luwak Amstirdam, kopi luwak ini memiliki karakter rasa antara Vanilla, Coklat Karamel, dan Jeruk Nipis. Bayangkan jika kita konsumsi bersamaan. Sekarang anda sudah bisa membayangkan bagaimana cita rasa Kopi luwak Amstirdam?

Ini sebagai bukti bahwa kopi Indonesia mempunyai banyak sekali keragaman yang kaya akan citarasa kopi nya, seperti yang saya minum hari ini, kopi arabika dari Flores yang mempunyai karakter earthy dan woody, rasa yang intens dengan dark coklatnya, Lintong dengan citarasa fruity nya, arabika Kintamani Bali dengan sedikit spicy bercampur dengan aroma citrus, dan masih banyak lagi kopi Indonesia yang bisa kita coba, tentunya dengan mencoba cupping satu per-satu dari kopi nusantara tersebut.

Berikut adalah beberapa cara dan tahapan melakukan Cupping Test :

  1. Saat kopi dalam keadaan panas (panas nya sudah bisa dinikmati), seruput sedikit dengan sekuat mungkin, bisa menggunakan sendok. Diamkan sejenak di dalam mulut, letakkan kopi di rongga atas mulut, juga rongga kiri kanan dan rongga dekat tenggorokan secara bergantian.
  2. Anda akan merasakan karakter kopi tersebut balance atau tidak. Anda juga bisa merasakan apakah kopi ini mempunyai body yang full (kental) atau tidak.
  3. Telan kopi, rasakan, seberapa lama rasa kopi nya tertinggal di rongga mulut! Jika anda merasakan rasa kopi yang lama di mulut, berarti kopi luwak tersebut memiliki after taste yang bagus, biasanya disebut exellent atau long after taste.

Lakukan cara tersebut diatas sesering mungkin. Cobalah beragam jenis kopi nusantara, lama kelamaan indera perasa akan terlatih untuk membedakan karakter-karakter kopi tersebut.

Ini berdasarkan pengalaman pribadi. Saya sendiri sampai dengan saat ini masih belajar bagaimana cara melakukan cupping test yang benar. Cupping test memang memiliki sebuah sensasi tersendiri untuk saya, saya sangat menikmati nya.

Semoga referensi ini bermanfaat untuk cupping test anda, dan nantikan cara melakukan cupping juga proses berikutnya.