Kopi Luwak Palsu, Bedakan Kopi Luwak Asli dan Palsu

Kopi Luwak Palsu : Dua minggu belakangan ini saya iseng- iseng membeli lebih dari 15 macam kopi luwak murni yang beredar di masyarakat secara online maupun membeli dari beberapa toko retail untuk kopi jenis arabika dan robusta.

Setelah terkumpul semua, iseng-iseng saya melakukan cupping test untuk membandingkan citarasa dan aroma dari semua kopi tersebut.

Namun hal yang mengecewakan adalah bahwa lebih dari 50% kopi yang dicoba bisa dipastikan bahwa mereka adalah tidak murni / palsu (dicampur dengan kopi biasa dan ada beberapa yang memang bukan luwak sama sekali) dan lebih dari 90% dari kopi yang kami beli tidak fresh (di roast lebih dari 1 bulan yang lalu).

Setelah eksperimen ini saya benar-benar kecewa terhadap apa yang tengah terjadi di pasaran. Kopi luwak yang notabenenya adalah kopi eksotis dari Indonesia yang mana dihargai cukup premium baik di dalam maupun di luar negeri (dikarenakan jumlah yang terbatas) menjadi rusak namanya dikarenakan oleh ulah dari beberapa pihak yang ingin mendapatkan keuntungan lebih dalam waktu singkat, tapi ya coba dibayangkan apa yang akan terjadi dengan kopi luwak dalam jangka waktu yang panjang.

Akankah kopi luwak tetap menjadi suatu kopi yang masih eksotis dari Indonesia ? Ataukah nama kopi luwak akan lenyap dan menjadi bagian dari sejarah kopi dunia? Dan coba bayangkan nasib dari para petani/ pengusaha yang memang benar-benar focus dan jujur untuk menanam, memproduksi dan menjual kopi luwak yang benar-benar murni dan memiliki kualitas yang tinggi?

Sekitar sebulan yang lalu saya mendengar bahwa PPKKI (Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia) telah menciptakan alat untuk mendeteksi keaslian dari  kopi luwak sampai ketingkat bubuk dengan tingkat deteksi diatas 90% dan saat ini masih dalam tahap testing akhir.

Semoga saja mesin ini merupakan kunci jawaban untuk mengurangi atau kalau bias meng-eliminasi beredarnya produk kopi luwak palsu di masyarakat.

Bersambung… ( Kopi Luwak Palsu lanjutan )

Kopi Luwak Palsu, Bedakan Kopi Luwak Asli dan Palsu