Lanjutan dari blog sebelumnya… (Read Kopi Luwak Palsu)

Coffee Luwak Kopi, Kopi Luwak

Kopi Luwak Yang Murni

Kopi Luwak Palsu : Dari 50% produk kopi luwak yang kami temukan benar benar murni, hanya sebagian kecil yang benar benar terlihat mengolah kopinya dengan cara yang benar. Mengolah kopi yang saya maksud disini adalah proses penyangraian (roasting) dan penggilingan kopi.

Sebelum kopi luwak siap untuk di sangrai (roast), biji kopi luwak yang masih kotor mesti dicuci dan dibersihkan berulang kali minimal 7 kali dengan air yang mengalir sampai kopi benar benar bersih, dilanjutkan dengan proses pengeringan, pemecahan kulit tanduk (selep/ hulling) dan diakhiri dengan proses penyortiran baik menggunakan mesin ataupun secara manual.

Proses penyangraian (roasting) kopi adalah salah satu proses yang paling penting untuk dapat menghasilkan cita rasa dan aroma kopi luwak secara optimum. Pada umumnya para master roaster (ahli sangrai kopi) melakukan beberapa kali experiment untuk menemukan profile yang tepat untuk setiap sampel kopi sehingga karakter kopi tersebut bisa muncul secara maksimal. Ada yang senang dengan light roast (sangrai sampai warnanya coklat saja) dan ada juga yang senang dengan dark roast (sangrai sampai coklat tua dan berminyak). Hal yang paling terpenting dari proses ini adalah bagaimana untuk dapat menyangrai/ roast kopi sehingga hasil yang didapat adalah selalu konsisten dan berkualitas tinggi.

Tak kalah pentingnya adalah proses penggilingan, setiap penyajian kopi membutuhkan tingkat kehalusan yang berbeda, sebagai contoh, untuk espresso kopi mesti digiling sampai halus sekali, dan untuk French press/ plunger kopi mesti digiling kasar, dan memang ada alasan mendasar mengapa kopi mesti digiling seperti itu. Alat giling yang digunakan juga tak kalah penting, saya banyak mendengar cerita di lapangan dimana kopi digiling menggunakan blender, hal ini kurang bisa saya rekomendasikan ke orang lain dikarenakan, tingkat kehalusan dan kerataan dari kopi itu sangat berpengaruh di dalam proses ekstraksi untuk menghasilkan cita rasa dan aromayang maksimal.

Jadi kesimpulannya tidak mudah untuk menghasilkan kopi luwak yang benar benar berkualitas dan dibutuhkan ketekunan dan pengertian dari semua pihak yang terkait.

Salam Amstirdam!