Cara Membedakan Kopi Luwak Asli Dengan Kopi Luwak Palsu Bagian 2

Cara Membedakan Kopi Luwak Asli Dengan Kopi Luwak Palsu Dari Biji Sangrai
Kopi Luwak Asli : Cara membedakan kopi luwak melalui biji sudah saya bahas sebelum-nya, Bagaimana jika kita tidak bisa membuktikannya melalui kulit ari karena biji kopi luwak yang kita dapatkan / beli sudah dalam bentuk biji yang disangrai?

Saya flashback sedikit tentang penyangraian (roast), ada beberapa profile penyangraian kopi yang sering saya jumpai diantaranya light roast (sangrai sampai warnanya coklat saja) dan ada juga yang dark roast (sangrai sampai coklat tua dan berminyak). Dari masing-masing profile ini memiliki karakter-karakter tersendiri.

Profile Sangrai

Dark Roast Luwak Coffee, Kopi Luwak Asli

Dark Roast Luwak Coffee

Medium Roast Luwak Coffee, Kopi Luwak Asli

Medium Roast Luwak Coffee

Light Roast Luwak Coffee, Kopi Luwak Asli

Light Roast Luwak Coffee

Banyak dari rekan/teman penikmat kopi yang mengatakan cara mebedakan kopi luwak asli dengan kopi luwak palsu dari biji sangrai adalah jika kopi luwak asli disangrai akan menghasilkan aroma yang lebih kuat dari kopi biasa, tapi saya akan tanyakan kembali kepada anda, apakah anda melihat sendiri proses sangrainya? Tentu tidak, besar kemungkinan sudah dalam keadaan dikemas baik itu biji atau yang sudah berbentuk bubuk.

Jika lebih diperhatikan, kopi luwak murni yang sudah dalam keadaan disangrai memiliki bentuk yang berbeda dari biji kopi biasa yang sudah disangrai pula. Belahan pada masing-masing biji kopi lebih besar atau terlihat lebih renggang.

Aroma biji kopi luwak murni yang sudah disangrai biasanya lebih mencolok, jika disimpan dalam ruangan maka seluruh ruangan akan tercium aroma kopi yang eksotik, fresh, tahan lama, dan salah satu kelebihannya adalah, tidak ada aroma asam yang tercium, jika aroma asam tercium dari biji kopi maka kemungkinan besar kopi yang dibeli bukan kopi luwak asli.

Karakter diatas adalah sedikit gambaran tentang kopi luwak murni jika Anda mem-beli kopi luwak biji yang sudah dalam bentuk sangrai. Semoga bisa membantu dalam memilih kopi luwak yang berkualitas.

* Bagaimana jika kita tidak bisa membuktikannya melalui biji yang sudah disangrai karena  kopi luwak yang kita dapatkan/beli sudah dalam bentuk bubuk?

Tunggu jawabannya pada artikel selanjutnya!