Kopi Tubruk Dingin Atau Panas

Kopi bisa beda rasa : Sebagian dari kita mungkin sering bahkan kerap ketika menikmati sajian kopi dirumah atau di Cafe melakukan hal ini, tanpa sadar atau disengaja. Tapi, sengaja atau tidak kita membiarkan kopi beranjak dingin atau hangat sebelum dinikmati. Alasannya? Kita lihat pada Eksperimen kali ini.

90% kopi disajikan dalam keadaan panas-panas, selain alasan ekstraksi kopi yang lebih sempurna aroma pun akan langsung tercium.

Seperti biasa saya sediakan Kopi Luwak bubuk Amstirdam (Fresh, baru digiling) ±10grm untuk takaran satu gelas/cangkir, Air panas 160 – 180 ml.

Langkah sederhana untuk membuat Kopi Tubruk, tuangkan kopi bubuk kedalam gelas/cangkir sembari menunggu air yang saya dipanaskan mendidih,

Kopi Tubruk | Kopi Bisa Beda Rasa

Seduh dengan sedikit air ±30ml, dan pre-Infusion selama 40 detik, ini adalah waktu optimal selama ini,

Kopi Tubruk | Kopi Bisa Beda Rasa

Sesudah 40 detik, tuangkan air panas hingga 160 – 180 ml,

Kopi Tubruk | pre-Infusion | Kopi Bisa Beda Rasa

Karena saya ingin membandingkan sensasi apa yang saya dapat jika Kopi Tubruk saya minum saat panas dan pada saat hangat/dingin, jadi saya biarkan sampai Kopi Tubruk dingin,

Kopi Tubruk | Kopi Tubruk Nikmat | Kopi Bisa Beda Rasa

… .. . . .

Sudah hampir satu jam, Kopi sudah benar-benar dingin.

Menikmati Kopi Tubruk di Kota Malang | Kopi Tubruk Nikmat

Setelah mencicipi Kopi Tubruk saat masih panas dan sesudah dingin, saya tidak akan memberikan kesimpulan ataupun saran. Sedikit ulasan saja.

Kopi yang baru diseduh memang mengeluarkan aroma yang sangat menggugah, sesuai dengan karakter masing-masing Kopi yang digunakan. Tapi, coba dicicipi dalam keadaan panas, rasa kopi memang berkurang dikarenakan air kopi yang masih terasa panas dilidah, jadi lidah akan lebih sensitif pada rasa panas.

Saya setuju dengan kopi yang kita minum saat hangat jauh lebih nikmat, ini karena lidah tidak lagi merasakan rasa panas yang berlebihan sehingga cita rasa kopi lebih detail.

Satu hal lagi, jika Anda sudah pernah berkunjung ke Malang dan menikmati hidangan kopinya? Pasti Anda merasakan sesuatu yang berbeda, meski jenis kopi yang digunakan sama, faktor utamanya adalah, jenis air dan juga suhu suatu daerah sangat berpengaruh pada kopi, kopi yang Anda minum di Malang yang hawanya dingin jauh lebih nikmat dibandingkan dengan daerah lain yang hawanya panas.

Alasan ini bukan imajinatif, namun realita bahwa rasa kopi berubah kareba faktor tersebut.

Selamat menikmati sajian Kopi Tubruk hangat Anda!