Kopi arabika dengan profile sangrai yang baru memberikan aroma fruity yang lebih tajam.

Kopi Arabika untuk kali ini saya berkesempatan mencoba profile baru dari Kopi Arabika Jawa yang di roast 24 jam yang lalu dan belum dipasarkan, Kopi Arabika dari daerah jawa timur yang memang erat dengan citarasa sweet woody dan coklat mild yang tidak terlalu intens.

Kopi Arabika Citarasa Lemon

Saya akan membuat kopi kali ini dalam bentuk tubruk supaya citarasa yang saya dapatkan lebih kompleks, tapi sebelumnya saya ingin coba mencium aroma kopi arabika yang belum digiling seperti apa. Profile kali ini sangat berbeda  dari biasanya yang Amstirdam Coffee suguhkan, dari biji kopi sangarai saya mendapatkan aroma fruity yang lebih tajam.

Jika anda bisa membayangkan mencium aroma buah Lemon yang segar (baru dipetik) dengan kulit yang aromanya asam namun tidak intens dan wangi Lemon yang fresh, ini yang saya dapatkan setelah mencium aroma biji kopi arabika dan sangat tajam sekali. “Bukan berarti dicampur dengan buah lemon”. Ini murni dari profile sangrai yang diterapkan Amstirdam Coffee.

Mungkin anda sudah bisa membayangkan wangi lemon tadi yang segar, dan sekarang saatnya saya untuk mecoba membuat kopi tubruk, sudah tidak sabar rasanya akan seperti apa setelah kopi arabika ini diseduh, apa wangi lemon yang segar tadi masih bisa saya dapatkan dari aroma tubruk yang saya buat.

Takaran bubuk selalu sama saya gunakan setiap membuat kopi tubruk yaitu 10 gram untuk 150 ml air.

Dari hasil seduhan saya mendapatkan crema yang memenuhi permukaan, ini menandakan kopi yang fresh, sekarang aroma sudah mulai tercium dan aroma yang saya rasakan sama dengan aroma lemon yang fresh seperti yang saya ceritakan di awal. Ini sangat sangat spesial karena jarang sekali kita menemukan karakter kopi seperti ini, tentunya ditunjang dengan profile penyangraian yang sempurna dari Amstirdam Coffee.

Kopi Arabika Citarasa Lemon Segarrrr

Benar-benar sudah tidak sabar, saya coba cicipi sambil mencermati setiap variable yang muncul dalam mulut saya, dan “Ya”… ini kopi yang sangat nikmat sekali, dengan rasa yang kompleks, saat pertama menyentuh lidah akan terasa chocolaty mild dengan balance yang sempurna (tingkat keasaman yang pas), setelah itu anda akan mendapatkan aftertaste yang sangat mengejutkan yaitu mulut terasa seperti baru saja makan lemon segar, dan dibelakang lidah terasa manis, tidak seperti biasanya yang meningggalkan rasa pahit. Menurut saya ini sempurna.

Saya berharap Amstirdam Coffee tetap memberikan kopi yang fresh seperti ini bagi para penikmat kopi nusantara.

Selamat Mencoba..!