Kemasan Kopi One Way Valve.

Kemasan kopi dengan katub udara satu arah atau lebih dikenal dengan sebutan one way valve, menjaga kopi tetap segar.

Sebelum saya lanjutkan dengan eksperimen resep kopi tubruk hari ini, saya jelaskan sedikit kenapa harus menggunakan kemasan kopi one way valve atau katub udara satu arah?

one way valve, kemasan one way valve

Kopi setelah disangrai akan mengeluarkan gas CO2 dan dalam beberapa jam saja jika dibiarkan dalam kemasan kopi yang vacum akan sangat berpengaruh pada aroma kopi, rasa kopi dan membuat kemasan kopi bergelembung karena gas CO2 tidak bisa keluar, lain hal jika kita menggunakan kemasan katub udara satu arah, gas CO2 yang dikeluarkan kopi setelah sangrai akan keluar dari katub udara namun udara dari luar tidak bisa masuk, jadi, tidak akan berpengaruh pada rasa dan aroma kopi jika kita menyimpan dalam kemasan one way valve.

Kita buktikan dengan eksperimen hari ini, menggunakan kopi yang sudah disimpan selama 1 (satu) minggu didalam kemasan katub udara satu arah dengan kopi yang yang baru digiling.

Untuk mempermudah saya gunakan kopi biji yang sudah digiling (kopi bubuk) dan disimpan selama 1 (satu) minggu dalam kemasan (one way valve).

kopi luwak bubuk, bubuk kopi luwakkopi luwak kemasan, kemasan kopi luwak

Dua gelas berbeda diisi masing-masing 14grm kopi bubuk, kopi bubuk dengan kemasan one way valve dan yang baru digiling.
(Gambar dibawah)

kopi-bubukkopi bubuk kemasan, kemasan kopi bubuk

Seduhan Pertama 30 -35ml air panas (95˚C), karena terlalu panas aroma kopi akan berbau gosong. Diamkan selama 40 detik. (Gambar dibawah)

kopi tubrukkopi-tubruk

Setelan 40 detik, tambahkan lagi air panas (95˚C) menjadi ±180ml. (Gambar dibawah)

kopi-tubrukkopi tubruk nikmat

Tutup yang rapat selama 3,5 menit untuk mengeluarkan aroma khas dari kopi tubruk. (Gambar dibawah)

resep kopi tubruk

Setelah ±3,5 menit, buang minyak / ampas yang mengambang, jika suka dengan kopi tubruk yang ada ampasnya sebaiknya di biarkan, karena dengan adanya ampas, rasa kopi bisa bertahan lebih lama. (Gambar dibawah)

resep kopi tubruk nikmat, kopi nikmat, resep kopi

Saatnya memberikan SKOR pada masing-masing kopi

Penilaian Kopi bubuk yang baru digiling Kopi bubuk dengan kemasan one way valve
Aroma   8   7
Rasa   8   8
Body   7   7
After Taste   8   8
Total   31   30

Kesimpulan :

Menjawab eksperimen minggu lalu, Bagaimana dengan kopi yang dikemas dalam kemasan One Way Valve, Kopi bubuk yang tersimpan dalam kemasan katub udara satu arah selama 1 (satu) minggu ternyata perbedaannya sangat tipis sekali, meskipun ada hanya berbeda pada aroma yang dihasilkan, kopi yang baru digiling aromanya masih menyimpan lebih banyak aroma manis, dan yang sudah tersimpan lama dalam kemasan one way valve, aroma manis berkurang tapi tidak signifikan, namun rasa, body, dan after taste tetap terjaga seperti saat pertama digiling.

Bagaimana dengan pengalaman Anda pribadi? Berikan komentar Anda, Terimakasih, Salam hangat penikmat kopi!