#tipsusaha
.
Sudah agak lama ngga nulis #tipsusaha jadi saatnya nulis sesuatu yang menarik.
.
Akhir- akhir ini lagi sering membaca buku tentang resistance. Resistance paling gampang dijelaskan dengan contoh yang sederhana.
.
Ambil contoh seorang penulis. Hal tersulit bagi seorang penulis untuk menyelesaikan satu buku bukanlah di menulisnya, tapi di mulai duduk, membuka buku/ laptop, dan mulai menulis.
.
Hal yang sama juga terjadi di bidang lain. Hal tersulit untuk belajar untuk ujian adalah duduk dan mulai belajar. Hal tersulit untuk memulai perjalanan jauh adalah untuk duduk di sepeda motor dan mulai jalan. Hal tersulit untuk memulai usaha kedai baru adalah untuk buka kedai apa adanya.
.
Cukup menarik ya :) , ditambah lagi ada teman baiknya resistance yaitu rationalization. Rationalization bisa juga dibilang mencari alasan- alasan agar posisi resistance itu makin kuat.
.
Sebagai contoh, hal tersulit untuk memulai usaha kedai kopi baru adalah untuk membuka kedai itu sendiri apa adanya. Namun dibalik resistance itu kita akan mulai berpikir alasan- alasan kenapa kita ngga boleh buka kedai kopi itu sekarang. Salah satu alasannya mungkin: kita akan buka setelah dana terkumpul lebih banyak, kita akan buka setelah alat ini dan itu terbeli, kita akan buka setelah kita sudah mengambil semua kelas yang tersedia dll.
.
Makin menarik ya :)
.
Nah #tipsusaha beberapa minggu terakhir ngga keluar juga karena resistance itu sendiri, jadi bukan berarti resistance itu hanya berlaku di beberapa orang, tapi ini berlaku di semua orang.
.
Mumpung hari ini hari Senin, yuk kita start, dan berusaha untuk melawan resistance itu dan memulai sesuatu yang sudah lama kita tunda tanpa memikirkan alasan- alasan kenapa hal itu tidak perlu dilakukan.
.
Ps. Buku yang sedang dibaca adalah “the war of art”
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

#loveallserveall
#6TahunAmstirdam #BrewtifulAmstirdam
#ProudlyRoastedInMalang
#kopimalang
#kopisejuk
#kopiindonesia
#kopiamstirdam
#kedaikopi
#kedaikopimalang
#coffeeshopmalang
#mahasiswaMalang from Instagram: https://ift.tt/2Engwrk