#tipsusaha
Minggu yang lalu sewaktu terbang ke Malaysia, kami memilih menggunakan pesawat reguler daripada low cost airlines karena harga promonya yang hampir sama.
.
Cukup menarik, karena selama beberapa tahun terakhir kami lebih memilih terbang dengan low cost airlines karena faktor harga dan karena solo travel.
.
Kemarin karena harga pesawat reguler ngga beda jauh, kami memilih menggunakan pesawat tersebut. Yang menarik adalah selama penerbangan experience nya adalah hampir sama, jarak antar kursi terasa sama, lebar kursi terasa sama, kualitas pelayanan mendekati sama, kualitas makanan yang disajikan vs membeli untuk low cost hampir sama, empuknya kursi terasa hampir sama.
.
Yang berbeda hanyalah airport tempat kami mendarat di Kuala Lumpur, kalau low cost carrier mendarat di KLIA 2 low cost terminal dan pesawat reguler di KLIA terminal dan berat bagasi yang bisa hingga 30kg dengan harga yang sama.
.
Teringat 10 tahun yang lalu, ketika mesti memilih terbang dengan low cost airlines, kita terasa takut, terasa servis yang apa adanya, kursi yang ngga empuk, potensi kecelakaan yang lebih tinggi karena cut down maintenance, dll.
.
Namun seiring dengan jalannya waktu mereka juga ikut berbenah dan standar setiap tahun berubah menjadi lebih baik dengan kemampuan menawar dan membeli pesawat yang baru- baru juga sehingga gap mereka dengan pesawat reguler menjadi semakin kecil tapi dalam waktu yang sama mereka juga bisa maintain cost dan load sehingga bisa menawarkan dengan harga yang lebih kompetitif dan tetap profitable.
.
Hal yang sama juga tentunya terjadi di industri kopi. Sudah banyak contoh dari kedai kopi kecil yang serba manual menjadi lebih modern dengan penambahan peralatan, perluasan area, pengembangan servis sehingga apa yang dirasakan oleh pelanggan tidak berbeda jauh dari yang sudah besar dan berkembang.
.
Kuncinya adalah waktu dan pengembangan yang konsisten.
.
Oh ya sedikit disclaimer, saya hanya mencoba membandingkan pengalaman dengan 1 carrier saja dan di kelas economy. Tentunya pengalaman akan jauh berbeda ketika terbang dikelas yang berbeda dan dengan carrier yang berbeda juga.
.
.
.
.
.
.
.
.
#loveallserveall
#7TahunAmstirdam #BrewtifulAmstirdam from Instagram: http://bit.ly/2DVpIzT