Fresh Coffee / Kopi Yang Masih Segar

Fresh Coffee

Sudah umum di antara para pecinta kopi untuk selalu minum kopi yang masih fresh. Apa sih maksudnya Fresh Coffee? Yang dimaksud dari fresh coffee itu sebenarnya bukan kopi yang baru dipanen melainkan kopi yang baru beberapa hari saja di roast/sangrai.

Rata- rata kopi bisa bertahan fresh itu sampai sekitar maksimal 4 minggu setelah di roast/sangrai, setelah itu kopi menjadi ‘stale (tidak fresh) dan ini juga tergantung dari jenis dan asal kopi itu sendiri dan metode penyimpanan yang tepat setelah proses roasting/sangrai.

Kopi yang masih fresh itu memiliki aroma dan citarasa yang unik seperti : herby, earthy, fruity, caramel, dll dan kopi dari daerah yang berbeda memiliki citarasa dan aroma yang berbeda juga.

Seperti bahan makanan dan minuman lain-nya, kopi juga punya ‘umur’ dimana setelah melewati waktu tertentu maka beberapa karakter (aroma dan citarasa) yang dominan sebelumnya akan hilang dan kopi akan terasa pahit dan mulai berbau ‘tengik’ (rancid)
Secara teknikal, kopi bisa menjadi basi (tidak fresh) dikarenakan oleh kombinasi dari dua hal berikut ini, pertama dari hilangnya beberapa aroma yang dominan dikarenakan oleh proses de-gassing CO2 dan kedua dari hilangnya beberapa citarasa dominan yang disebabkan oleh proses oksidasi (reaksi minyak dan protein dari kopi dengan oksigen bebas).

Disinilah kenapa metode untuk penyimpanan kopi yang baru di-roast/ sangrai memainkan peranan yang penting sekali. Dengan metode penyimpanan kopi yang benar kita dapat memperlambat proses oksidasi sehingga kopi bisa bertahan fresh lebih lama.

Kemasan yang dilengkapi dengan katub udara satu arah/one way valve merupakan solusi yang banyak digunakan oleh para roaster diseluruh dunia, dimana gas CO2 dari dalam kemasan dapat keluar tapi udara dari luar dapat dihambat masuk kedalam kemasan.

So teman-teman pecinta kopi, apabila ada yang belum pernah mencoba kopi yang masih fresh, bisa me-like page kita di facebook untuk berkesempatan mendapatkan free sample setiap minggunya.