Eksperimen French Press Dengan Alternatif Baru

French Press: Jika pada artikel sebelumnya diawal-awal eksperimen saya pernah membahas beberapa teknik diantaranya membandingkan kopi tubruk dengan french press juga French press dengan dua teknik berbeda.

Kali ini saya memberikan satu alternatif baru menyeduh kopi. dengan alternatif baru ini dijamin tidak bikin ribet dan kita cukup menyediakan kopi bubuk (usahakan yang baru digiling “fresh”), air panas secukupnya dan yang lebih penting French Press Coffee Maker.

Ini sangat mudah, saya akan buat takaran 2 cup dengan 20 gram kopi bubuk (masih menggunakan kopi luwak Amstirdam).

Pertama-tama saya panaskan dulu cangkir juga french press yang akan digunakan dengan air panas secukupnya.

french press kopi luwak, kopi luwak french press

 

Saya buang sisa air yang didalam french press dan keringkan bila perlu, dan tuangkan kopi bubuk yang masih fresh dengan takaran 20 gram untuk 2 cup.

french press coffee maker

Takaran air untuk 1 cup saya gunakan 160 ml, jadi untuk 2 cup saya butuh 320 ml, ini sangat perlu karena saya akan membagi menjadi dua fase penyeduhan.

Langkah Penyeduhan pertama:

French press yang sudah terisi 20 gram kopi bubuk saya seduh dengan 160 ml dan didiamkan selama kurang lebih 1 menit, saya gunakan timer biar pas.

french press coffee maker

 

french press coffee maker

 

Langkah Penyeduhan kedua:

Setelah 1 menit, seduhan kedua saya gunakan air panas 160 ml, ditutup, dan biarkan selama 3 menit, jangan diaduk. Usahakan saat menyeduh kopi tersiram rata dengan air.

french press coffee maker

 

french press coffee

Langkah Terakhir:

Sudah kurang lebih 3 menit, pres dengan tutup sampai ampas semuanya tersaring kebawah, diamkan kembali selama maksimal 1 menit.

Dan sekarang siap saya sajikan.

french press coffee

 

Sudah tidak sabar mencicipi dan apa yang bakal terjadi dengan teknik baru dari french press kali ini.<

Kesimpulan sederhana dari saya

Dari segi aromanya, aroma karamel masih menempel berbaur dengan aroma kopi yang original, menciptakan kesan gurih dan segar, Sedangkan rasa lebih berminyak dibandingkan dengan eksperimen french press pada artikel sebelumnya.

Body kopi masih terbilang medium, sedangkan after taste yang ditinggalkan ringan, sedikit asam dan terasa berminyak dimulut.

Untuk para pecinta kopi, apapun karakter kopi yang dihasilkan tidak lepas dari cara pembuatan kopi itu sendiri diluar dari kualitas kopi itu sendiri.

Jika teman-teman para penikmat kopi ingin karakter kopi yang full, bisa teman-teman dapatkan pada kopi tubruk, semakin begeser dengan alat-alat kopi yang ada maka tidak menutup kemungkinan berpengaruh pada karakter kopi yang dimunculkan/ditonjolkan.

Semoga ini bisa menjadi alternatif untuk penyajian dengan french press coffee maker.

Selamat Menikmati Kopi Spesial Andal.!

Terinspirasi dari jjbeancoffee.com