Eksperimen kopi kali ini adalah yang ketiga, sebut saja ini eksperimen coffee syphon versi 3, jika pada eksperimen coffee syphon sebelumnya perbedaan waktu ekstraksi-nya antara 30 – 60 detik (baca sebelumnya).

Untuk coffee syphon versi 3 ini, waktu ekstraksi total kurang lebih 90 detik, dan hasilnya kita lihat dibawah ini.

  • Siapkan saja 20 gram kopi bubuk (saya masih gunakan kopi luwak bubuk Amstirdam), juga syphon yang sudah terisi air pada chamber bagian bawahnya.coffee syphon, kopi luwak, eksperimen ketiga
  • Tunggu sampai air mendidih dan mengeluarkan gelembung lalu pasngkan dengan chamber atas, jika air sudah naik ke chamber atas, jangan lupa ukur temperaturnya.
    kopi luwak, temperatur air
  • Selanjutnya masukkan kopi bubuk ke dalam chamber atas, ini adalah awal hitungan mundur sampai kurang lebih 90 detik.kopi luwak, kopi bubuk
  • Aduk 8 kali selama 8 detik, usahakan tidak ada tekanan kebawah saat mengaduk, caranya; aduk secara vertikal dan berlahan.kopi luwak, aduk, vertikal
  • Diamkan selama sisa waktu sampai 90 detik, lalu matikan pemanas. Aduk tiga kali saja untuk membantu air kopi turun ke chamber bawah syphon.
    kopi luwak, aduk kopi, seduh kopi
  • Tunggu sampai air kopi habis turun ke-chamber bagian bawah.
    kopi luwak, chamber bawah syphon
  • Jika sudah habis tersaring, sisihkan chamber bagian atas yang berisi ampas kopi
    kopi luwak, ampas kopi
  • Siap untuk disajikan.
    kopi luwak, buat kopi luwak dengan syphon

 

Kesimpulan:

Waktu ekstraksi 90 detik kali ini saya mendapati body yang lebih besar dari versi pertama dan kedua, aromanya lebih mengarah pada karamel dan ada wangi seperti roti yang baru dibakar (bukan aroma gosong), bagaimana dengan rasanya? Rasa yang didapat memang flat (rasanya datar), dominan pahit. After taste-nya? efek kering pada mulut yang dirasakan pada eksperimen satu dan dua sebelumnya, tidak begitu terasa dan juga rasa kopinya juga langsung hilang.

Dari kesimpulan diatas dan eksperimen-eksperimen sebelumnya, saya rasa waktu ekstraksi yang paling pas dan tepat adalah pada waktu antara 30 – 60 detik kurang lebih. Jika lebih dari itu, maka terjadi apa yang dinamakan dengan over ekstraksi, dimana aroma dan citarasa kopi tidak optimal dan rasa pahit yang cukup dominan.

Selamat Mencoba!