Akhir- akhir ini banyak orang yang bertanya mengenai definisi dari freshly roasted coffee atau kopi yang fresh. Menurut saya banyak kesalahpahaman yang terjadi di masyarakat dikarenakan oleh banyaknya informasi yang simpang siur di internet.

Banyak anggapan yang mengira bahwa freshly roasted coffee atau kopi fresh itu adalah kopi yang baru di roast lalu di brew atau disajikan saat itu juga dan kopi yang umurnya lebih dari 1 minggu sudah tidak maksimal lagi. Secara definisi (translasi langsung dari bahasa Inggris ke Indonesia) freshly roasted coffee berarti kopi yang benar benar baru diroast. Tapi pada kenyataannya, kopi yang benar benar baru diroast kalau dinilai dari tingkat aroma dan cita rasa masih boleh dikata cukup flat (belum maksimal) dikarenakan proses degassing yang belum selesai.

 Setelah biji kopi diroast (sangrai) proses degassing atau keluarnya CO2 dari biji kopi telah dimulai, hal ini bisa dibuktikan dengan menyimpan biji kopi yang baru di roast langsung kedalam kemasan yang semua sisinya diseal rapat dan tanpa degassing valve, setelah beberapa jam kemasan kopi akan melembung dan pada umumnya proses ini selesai dalam 24 jam. Cukup sering juga kemasan kopi meletus dalam durasi waktu ini dan biasanya setelah kemasannya meletus seluruh ruangan akan tercium wangi kopi yang  harum sekali.

 Baru setelah proses degassing selesai kopi akan mulai enak untuk dinikmati. Dari pengalaman saya, pada umumnya aroma dan cita rasa yang paling menonjol akan muncul di hari ke 3-6 setelah proses roasting/ sangrai dan setelah itu aroma dan citarasa kopi akan menurun. Namun hal ini juga tidak bisa dijadikan patokan dikarenakan oleh adanya beberapa kopi yang salah satunya Indian Monsoon Malabar yang akan mulai bloom (citarasa dan aroma yang maksimal) sekitar 14 hari setelah roast.

 Kopi boleh dikata cukup kompleks, ada banyak sekali faktor yang menentukan enak atau tidaknya kopi yang tersaji di setiap cangkir mulai dari biji kopi itu sendiri, proses roasting/ sangrai sampai dengan temperatur air yang digunakan. Namun cara termudah yang bisa saya sarankan adalah untuk membeli kopi yang freshly roasted kalau bisa dalam bentuk biji (dan dengan kemasan yang mencantumkan kapan kopi itu diroast), nikmati kopi itu setiap hari dan catat setiap kali ada perubahan di aroma dan citarasa, setelah beberapa hari anda dapat mengetahui kapan kopi tersebut bloom dan maksimal.

 Semoga artikel ini dapat membantu anda dan menjadi pelengkap di coffee journey anda,selamat tahun baru 2014 para penikmat kopi  nasional!

Salam Amstirdam