Cold Drip Coffee Buatan Sendiri

Akhir-akhir ini saya sering mendengar nama COLD DRIP COFFEE disajikan dibeberapa cafe terkenal. Setelah googling ternyata harga per-unit cold drip coffee lumayan mahal.

Hari ini saya ingin menunjukkan bagaimana kita bisa membuat cold drip coffee ala rumahan yang ekonomis dengan menggunakan bahan yang ada namun hasilnya tidak kalah dengan unit yang mahal.

Membuat Cold Drip Coffee ala rumahan

Untuk membuat cold drip ala rumahan ini, saya menggunakan beberapa peralatan dari syphon (chamber bagian atas beserta filter), selang infus untuk mengatur tetesan air, filter kopi (bahan kertas), dan wadah plastik (botol bekas air mineral) untuk tempat menaruh air, siapkan wadah satu lagi untuk menampung tetesan kopi (disini saya gunakan gelas french press).

Selanjutnya saya pasangkan selang infus ke-tutup botol bekas air mineral. Bentuk dan desain disesuaikan dengan kreasi Anda, dan hasil jadinya seperti dibawah ini.

Cold Drip Coffee, buatan sendiri

Langsung saja ke proses pembuatan kopinya.

Hari ini saya tetap menggunakan Kopi Luwak Amstirdam yang disangrai seminggu yang lalu (pastikan selalu menggunakan kopi yang fresh supaya mendapatkan hasil yang maksimal). Saya menggunakan 25 gram kopi bubuk Amstirdam

Setelah kopi digiling (tingkat kekasaran yang sama dengan french press), saya pasangkan filter bawah pada chamber syphon (filter syphon), seperti pada gambar.

cold drip, filter

Selanjutnya tuang kopi bubuk yang baru digiling ke chamber syphon yang telah terpasang filter (25 gram).

cold drip, tuang kopi bubuk

Basahi filter kertas untuk menghilangkan aroma kertas dan taruh diatas bubuk kopi didalam chamber syphon, ini bertujuan untuk memastikan air menyebar dengan rata keseluruh permukaan bubuk kopi.

cold drip, filter kertas

Selanjutnya isikan air pada wadah paling atas kurang lebih 240 ml, saya menganjurkan menggunakan air es (apabila tidak ada air es, bisa menggunakan air biasa/suhu ruangan).

cold drip, air es

Pasang juga wadah bagian bawah tempat menampung tetesan air kopi.

cold drip, wadah penampung

Langkah terahir adalah mengatur tetesan air dari wadah atas ke chamber yang berisi bubuk kopi. Untuk eksperimen ini saya menggunakan satu tetesan air setiap 4 detik, ini akan memakan waktu kurang lebih 8 jam.

cold drip, atur tetesan air

cold drip, tetesan air

Karena ini memakan waktu yang cukup lama tidak ada salahnya kita tinggalkan sebentar untuk melihat resep lainnya disini: “Eksperimen Kopi

cold drip, tetesan kopi

Kita lihat sama-sama hasilnya seperti apa..!?

cold drip kreasi kopi luwak amstirdam

Setelah kurang lebih 8 jam, wadah bagian bawah sudah terisi dengan air kopi hasil ekstraksi cold drip coffee, kita perlu memasukkannya kedalam kulkas sampai dingin (ini bisa disimpan dan bertahan  sekitar 2 mingguan).

cold drip

 

Saatnya untuk mencicipi.

Aroma masih tercium walaupun tidak sedominan seperti biasanya, dapat tercium aroma dark coklat. Rasanya dark coklat, berbeda dari kopi biasanya, kopi meninggalkan sedikit rasa kacang mente, Body-nya tipis dengan After Taste yang berbeda.

Tips :

Kopi dari hasil cold drip dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk berbagai macam menu kopi spesial seperti, ice coffee, ice cream coffee atau menu lainnya sesuai kreasi Anda.

Bagi yang ingin mencoba silahkan datang langsung ke Kopi Luwak Amstirdam, atau Anda bisa berkreasi sendiri dirumah dengan bahan-bahan sederhana diatas.

Buat pecinta kopi. Selamat berkreasi dan selamat menikmati Cold Drip Buatan Sendiri.