Arabika Jawa 11 Feb 14 Cappucino

Arabika Jawa 11 Feb 14 Cappucino

Sore yang cukup nyaman di kota Malang hari ini, langit cerah dan tidak hujan. Untuk menemani coffee break saya sore ini saya tetap menggunakan kopi Arabica/ Arabika Jawa Timur yang diroast sekitar 11 hari yang lalu, dan menurut definisi saya kopi ini masih fresh dan ini terbukti dari citarasa dan aroma kopi yang masih terasa nikmat sekali kemarin (lihat artikelnya disini). Hari ini tetap saya akan menyajikan kopi ini dalam bentuk cappucino.

Seperti biasanya, saya timbang sekitar 14 gram kopi, saya masukkan biji kopinya kedalam grinder, dan dilanjutkan dengan proses dose- tamp- dan brew. Dry aroma asam jawa dan karamel masih juga dominan hari ini, namun saya dapat mencium bahwa aromanya lebih nikmat dan balanced hari ini daripada kemarin. Selanjutnya tuas dari mesin espresso saya angkat dan kopi yang cukup kental seperti madu mulai kelihatan dan saya dapatkan 30ml espresso dalam kurang lebih 30 detik. Selanjutnya saya siapkan susunya seperti biasa, dan setelah selesai saya campurkan susunya kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya.

Dari segi aroma, aroma asam jawa dan karamel masih dominan dan aromanya cukup manis hari ini. Tegukan pertama terasa acidity dari asam jawa yang medium, body yang tipis ditambah dengan rasa yang cukup balance dan diakhiri dengan clean mouthfeel. Benar- benar nikmat sekali dan pas untuk melepas penat di sore ini. Menurut saya Arabika Jawa Timur ini cocok untuk dinikmati sebagai single origin maupun sebagai campuran dari blend yang lebih kompleks.

Anyway selamat beraktivitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik mencoba Kopi Arabika Jawa Timur dapat dibeli disini