Arabika Jawa Timur yang dibuat cappucino tanggal 10 Feb 14

Arabika Jawa Timur yang dibuat cappucino tanggal 10 Feb 14

Hari Senin selalu fun, apalagi setelah menikmati akhir pekan bersama keluarga, badan terasa fresh, dan untuk menemani waktu istirahat saya hari ini, saya mencoba membuat cappucino menggunakan kopi Arabika/ Arabica Jawa yang sama seperti saya gunakan di artikel- artikel saya minggu yang lalu, yaitu kopi Arabika Jawa Timur yang di roast tanggal 1 Feb 14, jadi kopi ini masih fresh sekitar 10 hari an.

Cara membuat cappucino juga cukup sederhana sama seperti postingan saya sebelumnya. Pertama saya takar 14 gram kopi arabika jawa dan dimasukkan kedalam grinder, seperti biasanya begitu kemasan kopi dibuka, aroma asam jawa masih tercium cukup dominan memenuhi seluruh ruangan, setelah itu saya lanjutkan dengan proses dose-tamp- dan brew.

Sewaktu tuas mesin espresso ditarik, kopi yang keluar terlihat cukup kental dan setelah beberapa saat ‘tiger-strip’ sudah mulai terlihat. Setelah mendapatkan espresso dalam kurang lebih 30ml 30 detik, tuas diturunkan, dan susu mulai disiapkan. Setelah susu ready, susu dicampurkan kedalam cangkir saya yang sudah berisi espresso sebelumnya.

Nah sekarang kita test aroma dan citarasanya. Aroma asam jawa tercium dominan sekali ditambah dengan aroma yang cukup manis. Tegukan pertama terasa rasa asam jawa, dengan medium acidity, body yang ngga sekental Arabika Bali Kintamani yang saya buat hari sabtu kemarin (lihat disini), disusul dengan clean and sweet mouthfeel. Walaupun kopi arabika jawa ini sudah lebih dari 10 hari setelah roast namun citarasa dan aromanya menurut saya baru mulai developing. Besok rencananya saya akan coba lagi menggunakan kopi yang sama untuk dapat membandingkan citarasa dan aroma dari kopi arabika jawa timur ini.

Selamat beraktivitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik mencoba Kopi Arabika Jawa Timur dapat dibeli disini