Arabica Bali Kintamani yang disajikan cappucino 08 feb 14

Arabica Bali Kintamani yang disajikan cappucino 08 feb 14

Sore ini untuk menemani saya menikmati akhir minggu yang cerah dikota Malang, saya memilih kopi Arabica/ Arabika Bali Kintamani yang di roast di tingkat kematangan ‘city’ pada tanggal 1 Feb 14, jadi kopi ini masih fresh dan sekitar 7 hari an. Kopi Bali Kintamani ini di proses basah/ wet (bisa dilihat disini jenis- jenis proses kopi lainnya) dan hari ini pas untuk disajikan sebagai cappucino.

Proses pembuatan cappucino cukup sederhana, sekitar 14 gram kopi saya masukkan kedalam grinder, dilanjutkan dengan proses dose-tamp- dan brew. Mesin espresso yang saya gunakan hari ini masih tetap yaitu VBM Domobar Junior. Setelah tuas diangkat, kopi yang keluar dari portafilter terlihat seperti madu cukup kental dan saya mendapatkan sekitar 30ml espresso dalam sekitar 30 detik. Setelah espresso siap, saya dapat mencium seluruh ruangan ber-aroma caramel dan spicy, lalu saya siapkan susu secukupnya dan mulai di panaskan dan di-stretch. Setelah susu siap, susu dituangkan kedalam cangkir yang berisi espresso dan cappucino saya sudah siap sore ini.

Aroma caramel dan spicy masih dapat tercium dan setelah tegukan pertama, kopi terasa cukup manis dengan tingkat keasaman yang masih sedikit tersisa dan diakhiri dengan clean mouthfeel. Benar- benar kopi yang pas untuk menemani akhir minggu ini, dan menurut saya Arabika Bali Kintamani cukup enak untuk dinikmati sebagai single origin maupun base dari suatu blend.

Anyway selamat menikmati akhir pekan bersama keluarga dan salam Amstirdam

Apabila tertarik mencoba Kopi Arabika Bali Kintamani  dapat dibeli disini