Arabica Jawa 070214Sore ini untuk menemani coffeebreak saya, saya memilih kopi Arabika Jawa atau umumnya disebut Java Arabica yang di roast atau sangrai medium hari Sabtu yang lalu (1 feb 14). Kopi ini masih fresh (sekitar 6 hari post roast) dan begitu kemasannya dibuka tercium aroma asam jawa yang benar benar dominan sehingga seluruh ruangan penuh dengan wangi asam jawanya.

Selanjutnya  saya timbang biji kopi seberat 14 gram dan saya masukkan ke dalam grinder, dan proses grind-dose-tamp- brew dimulai. Sore ini saya masih tetap mau mencoba kopi ini disajikan longblack menggunakan mesin espresso (lihat proses pembuatan lengkapnya disini).

Beberapa detik setelah tuas dari mesin espresso VBM Junior di angkat, kopi mulai keluar dari portafilter dan kelihatan kental seperti madu. Setelah mendapatkan sekitar 30ml espresso dalam kurang lebih 25 detik tuas saya turunkan kembali dan saya tambahkan hot water secukupnya dan longblack saya sore ini sudah siap untuk dinikmati.

Aroma asam jawa benar benar tercium ditambah dengan sedikit aroma karamel, tegukan pertama terasa body kopi yang lebih kental daripada postingan saya sebelumnya (baca disini) tingkat keasaman yang lebih intense dan aftertaste yang benar benar clean. Menurut saya kopi hari ini jauh lebih enak dari kopi saya dua hari yang lalu (4 hari post roast) dan hal ini juga membuktikan bahwa citarasa dan aroma kopi develop beberapa hari setelah roasting dan setelah sampai puncak, aroma dan citarasa kopi akan menurun.

Anyway selamat beraktivitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik mencoba Kopi Arabika Jawa Timur dapat dibeli disini