flores 030216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 99 (post terakhir di 2 digit) yang cukup spesial ini saya akan mencoba menyajikan kopi yang peminatnya cukup banyak, yaitu kopi arabika Flores Manggarai yang di sangrai/ roast di tingkat kematangan medium/ city+ 5 hari yang lalu. Sedikit mengenai kopi ini, kopi Flores Manggarai ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan di proses basah dengan bibit mostly typica. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat tulip.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang 20 gram biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum eksperimen ini untuk dapat menghasilkan espresso yang optimal. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma coklat,lebih ke bakers chocolate ditambah dengan aroma sugar browning yang tercium manis sekali. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso yang terlihat kental dan berwarna coklat keemasan mulai menetes dan setelah diperoleh 25 gram, tuas saya matikan dan espresso untuk sore ini sudah siap. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan disinilah proses pembuatan latte art terjadi. Dan yah seperti yang bisa anda lihat di photo, latte art terlihat kurang sempurna, dan berarti mesti latihan lebih banyak lagi,heheheh.

Dari segi citarasa dan aroma, aroma coklat lebih ke bakers chocolate tercium dan terasa lebih gurih kali ini karena sudah tercampur susu, dan terasa kental sekali serasa sedang minum hot chocolate daripada minum kopi dan diakhiri dengan sensasi rasa manis yang pas banget. Manis ini didapat dari ekstraksi espresso yang pas untuk memunculkan sweetness yang keluar dari biji kopi secara alami yang bisa ditonjolkan sewaktu roasting ditambah dengan rasa manis dari kandungan gula yang diperoleh sewaktu menstretch dan memanaskan susu (kandungan gula dalam susu – laktosa).

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila Anda tertarik untuk mencoba kopi arabika Flores Manggarai ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini