seasonal blend1 020216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 98, saya akan mencoba menyajikan cappuccino menggunakan seasonal blend #1 kita. Dinamakan seasonal blend karena blend ini hanya tersedia untuk waktu terbatas dan belum tentu ada lagi. Kopi yang digunakan untuk Blend ini berasal dari Sumatra, Flores dan Jawa, jadi campuran dari 3 single origin. Kopi ini di roast 7 hari yang lalu ditingkat kematangan city+/ medium, dan merupakan mix giling basah dan basah.

Langsung saja ke proses pembuatan nya. Pertama saya timbang sekitar 20 gram dari biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling yang tingkat kehalusan nya telah di set sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi digiling, tercium aroma coklat, karamel dan sedikit fruity spices yang tercium manis. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso di hidupkan, espresso yang kental berwarna kecoklatan mulai menetes dan sekilas intensitas nya terlihat seperti madu. Setelah diperoleh 25 gram, tuas saya matikan dan espresso sebagai bahan dasar cappuccino untuk sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino untuk sore ini sudah ready. Aromanya tercium seperti classic cappuccino.

Dari segi citarasa dan aroma, aroma fruity dan spices tercium tidak seintens sebelumnya dan aroma coklat yang manis seperti milk chocolate yang tercium lebih dominan. Setelah kopi diminum, terasa kental serasa kopi meng-coat rongga mulut dan mulai keluarlah rasa coklat dan karamel yang tercampur dengan pas dan diakhiri dengan rasa manis yang benar- benar pas dan gurih untuk dinikmati.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Kopi blend ini untuk sementara hanya tersedia dalam jumlah terbatas dan apabila tertarik membeli dapat dibeli disini