aceh 010216Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 97 saya akan mencoba membuat cappuccino menggunakan kopi Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia yaitu kopi arabika Aceh Gayo, kebetulan yang kami miliki berasal dari Bener Meriah. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan merupakan mix giling basah dan wet karena diperoleh dari koperasi. Kopi Aceh Gayo ini kami roast/sangrai ditingkat kematangan city+/ medium sekitar 11 hari yang lalu, dan pada umumnya kopi Aceh ini mulai enak disajikan sebagai espresso based drinks sekitar 10 hari keatas setelah roasting, tapi hal ini tidak mutlak.

Langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang 20gram biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma spices dan coklat yang benar- benar memenuhi ruangan. Selanjutnya proses dose-tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso di nyalakan, espresso mulai menetes. Espresso terlihat kental dan tak lama terlihat tiger strips dan setelah diperoleh 25 gram, tuas dari mesin espresso saya matikan dan espresso untuk sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino untu hari ini sudah jadi. Hmmm harumnya.

Dari segi citarasa dan aroma, kali ini tercium aroma sugar browning atau karamel yang tercium manis sekali, dan setelah diminum kopi ini terasa creamy kental tentunya dengan tambahan susu yang creamy menjadikan kopi ini super creamy dan terasa coklat karamel yang tertinggal didalam rongga mulut cukup lama. Menariknya ada hints of dried plums dan juga rasa manis yang membuat kita tidak perlu untuk menambahkan gula lagi kedalam cup. Kopi yang pas menurut saya untuk sore yang mendung di kota Malang.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Aceh Gayo ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bean bubuk maupun biji dapat dibeli disini