raung 290116Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 96, saya akan menggunakan kopi yang cukup terkenal dikalangan pecinta kopi nusantara, yaitu kopi arabika Raung yang berasal dari Jember- Bondowoso Jawa Timur. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan di proses basah. Agak tricky dalam menyangrai/ roast kopi ini untuk bisa rata warnanya dari center core sampai luar dan tidak ada yang gosong. Setelah beberapa kali percobaan akhirnya ketemu juga, dan yang pastinya citarasa dan aroma juga akan improve seiring dengan waktu dan jam terbang roasting kami. Sore ini kopi masih tetap kami sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art yang membuat penasaran.

Untuk membuatnya pertama saya timbang 20gr biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperiment ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma coklat karamel, dengan sedikit citrus atau lime keffir leaf. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan, espresso mulai menetes, terlihat cukup kental dan warna yang coklat kekuningan. Setelah diperoleh 25ml, tuas saya matikan dan espresso yang digunakan sebagai bahan dasar untuk cappuccino sore ini sudah siap. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan, setelah selesai susu dituangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya untuk sore ini sudah siap untuk dinikmati.

Cappuccino tercium cukup harum dan saya merasa tidak sabar untuk mencobanya. Untuk aroma dan citarasa, aroma karamel bercampur susu tercium manis sekali mengingatkan saya akan permen karamel yang sering saya makan sewaktu kecil. Setelah diminum terasa cappuccino seperti milk chocolate dengan sensasi rasa karamel dan terasa manis sekali. Di rongga mulut terasa tidak se creamy kopi flores tapi kopi ini memiliki keunggulan yang berbeda dan citarasa manis yang lebih tinggi. Tanpa terasa kopi sudah habis dan saatnya kembali melanjutkan aktifitas kembali.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali, dan salam Amstirdam :)

Kopi arabika Jawa Raung ini tersedia dalam jumlah terbatas, apabila tertarik dapat dibeli disini