Baliem 280116Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 95 saya akan menyajikan kopi yang cukup versatile yaitu kopi arabika dari sisi paling timur Indonesia, yaitu kopi arabika Papua Baliem (lebih umum dikenal sebagai Papua Wamena). Kopi ini di roast ditingkat kematangan medium/ city+ dan merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin di proses basah dengan bibit typica. Sesaat setelah first crack sewaktu proses penyangraian tercium aroma coklat yang cukup memenuhi ruangan roasting kami, dan hal ini yang selalu membuat kita selalu tersenyum ketika menyangrai kopi dari Papua ini. Sore ini kopi masih tetap kami sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat tulip ;)

Untuk membuatnya, pertama saya timbang 20gram biji kopi ini dan saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling yang tingkat kehalusan nya telah diset sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi tercium kembali aroma coklat yang muncul sewaktu penyangraian dan kali ini tercium lebih manis ditambahkan dengan aroma karamel yang membuat kami tidak sabar untuk menyeduhnya. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dan terlihat lebih kental dari kopi- kopi lain nya. Setelah diperoleh 27ml, tuas kami matikan dan espresso sebagai bahan dasar untuk cappuccino sore ini sudah siap. Selanjutnya susu mulai kami stretch dan panaskan, dan kami tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino untuk sore ini sudah ready.

Wah sudah ngga sabar untuk mencicipinya, dari segi aroma dan citarasa, aroma coklat karamel tercium manis sekali, dan setelah kopi diminum terasa seperti rasa coklat yang meledak didalam rongga mulut, dengan tingkat kekentalan yang pas setelah tercampur susu, dan diakhiri dengan sensasi rasa karamel dan manis yang membuat kopi ini cukup seru untuk dinikmati. Tanpa terasa 1 cangkir sudah habis dan waktu istirahat juga sudah selesai.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila Anda tertarik mencoba Kopi Arabika Papua Baliem (Wamena), green bean dapat dibeli disini, dan roasted bean ataupun bubuk dapat dibeli disini