mandheling 270116Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee Journey yang ke 94 saya akan mencoba menyajikan kopi yang berasal dari Sumatra yaitu kopi arabika Sumatra Mandheling Sipirok yang sudah cukup populer dikalangan pecinta kopi Sumatra. Sore ini kopi masih tetap disajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat lattte art, sedikit mengenai kopi ini, kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan di proses basah dengan bibit andungsari & bourbon. Kopi ini kami roast ditingkat kematangan medium untuk omni roast (bisa untuk filter maupun espresso).

Untuk membuatnya, pertama kita timbang sekitar 20gr biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper mesin penggiling yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma floral & herby bercampur dengan karamel yang cukup menonjol. Kemudian proses dose- tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso yang berwarna kekuningan mulai menetes dan setelah saya peroleh 29ml, tuas saya matikan dan espresso saya untuk sore ini sudah ready. Hari ini krema berwarna lebih kekuningan dibandingkan sebelumnya yang berwarna kecoklatan, dan ini dikarenakan tingkat kematangan/ sangrai yang sedikit lebih muda dari biasanya dan untuk keperluan trial. Setelah itu susu saya stretch dan panaskan, kemudian saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan kopi cappucino Mandheling Sipirok saya untuk sore ini sudah ready.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma floral dengan sedikit herby tercium lebih manis dan mulai kalah dominan dibandingkan dengan aroma coklat karamel yang lebih manis. Setelah kopi saya minum, terasa kopi cukup kental (tidak sekental biasanya), ada sedikit sensasi rasa/aroma floral dan coklat karamel manis yang rasanya tertinggal cukup lama didalam rongga mulut. Bagi yang terbiasa minum cappuccino dengan gula, saya rekomendasikan untuk mencoba kopi cappuccino ini tanpa gula dahulu dan rasakan rasa manisnya.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila Anda tertarik mencoba Kopi Arabika Mandheling Sipirok, greenbean dapat dibeli disini dan roasted bean/ bubuk dapat dibeli disini