aceh gayo 221015-1Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Setelah vacuum selama beberapa bulan, hari ini saya akan melanjutkan Coffee Journey saya. Sore ini dalam coffee journey yang ke 86 ini saya akan menggunakan kopi arabika yang cukup terkenal di dunia yaitu kopi arabika Aceh Gayo yang berasal dari Bener Meriah. Kopi ini adalah mix giling basah & basah yang diroast sekitar 7 hari yang lalu (masih fresh). Sore ini kopi masih tetap akan saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

Langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang 20gr biji kopi ini dan saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK43 yang baru kami terima. Sewaktu biji kopi digiling, tercium aroma spices dan aroma chocolate yang benar – benar harum. Menurut saya dikarenakan keseragaman dan cepatnya proses penggilingan dari mesin EK43 ini, membuat kopi tercium lebih harum dan lebih detail. Setelah kopi digiling, dilanjutkan dengan proses dose-tamp dan brew. Tak lama setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dan terlihat cukup kental. Untuk hari ini saya akan menggunakan double espresso di 50ml dalam 32 detik. Setelah espresso ready, susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya. Dan whoala cappuccino saya untuk sore ini sudah ready.

Dari segi aroma dan citarasa, tercium aroma chocolate dan spices yang lebih menonjol dari sebelum menggunakan grinder ini. Dan setelah kopi diminum, hal pertama yang terasa adalah body dari kopi ini yang terasa kental sekali dan menurut saya lebih terasa seperti hot chocolate dari kopi dan terasa rasa chocolate yang menempel/ tertinggal di dalam rongga mulut dalam waktu yang cukup panjang. Untuk acidity dikarenakan sudah tercampur dengan susu, acidity sudah hampir tidak ada dan capppucino sore ini terasa cukup sweet/ manis sehingga tidak diperlukan untuk ditambahkan gula. Ada beberapa detail rasa baru seperti karamel yang masih belum gosong dan toffee. Menurut saya citarasa dan aroma yang lebih detail ini dikarenakan kualitas dari gilingan yang dihasilkan oleh grinder EK43 ini. Anyway, Kopi yang benar- benar pas untuk menemani saya dalam istirahat sore ini.

Salam Amstirdam dan selamat menikmati istirahat sore Anda.

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Aceh Gayo ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bean bubuk maupun biji dapat dibeli disini