Flores 20082015Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 85, saya akan menggunakan kopi arabika yang sudah cukup terkenal di para penikmat kopi nusantara, yaitu Kopi Arabika Flores Manggarai yang kita roast sekitar 14 hari yang lalu di tingkat kematangan city plus dengan menggunakan profile baru, dimana hasil cupping terasa lebih bulat dan syrupy. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

OK, langsung saja ke proses pembuatan nya. Dalam beberapa bulan belakangan banyak yang telah berubah di cara kita membuat espresso, yang dulunya 30ml untuk 30 detik, kami merasa dengan berat beans yang sama, tapi dijadikan 40ml dalam waktu yang lebih panjang, khususnya untuk kopi arabika Flores Manggarai ini terasa lebih nikmat tanpa ada rasa pahit sekalipun. Sensasi rasa asin yang sebelumnya terasa, sudah hilang (under extract). Pertama saya timbang 21 gram biji kopi ini, kemudian digiling ditingkat kehalusan yang telah kita set sebelum eksperimen ini. Selanjutnya proses dose – tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso di hidupkan, espresso yang berwarna coklat tua mulai menetes seperti madu, dan terlihat cukup kental. Setelah diperoleh 40ml, tuas kita matikan dan espresso untuk bahan dasar cappucino sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan, kemudian susu yang sudah ready dituangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan disinilah proses pembuatan latte art terjadi.

Dari segi citarasa dan aroma, pertama tercium sekali aroma karamel dengan sedikit chocolate yang mengingatkan saya akan permen karamel yang sering saya beli sewaktu kecil. Setelah kopi saya minum, terasa creamy, manis, ada sedikit spicy, dengan sensasi rasa chocolate + karamel di akhir, balanced and sweet. Overall menurut saya kopi yang benar- benar pas untuk dijadikan espresso based drinks, dengan tingkat acidity yang ada tapi tidak over powering.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Flores Manggarai ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini