Mandheling Sipirok 10062015Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam Coffee Journey yang ke 84 ini saya akan menggunakan kopi arabika yang berasal dari Mandheling Sipirok. Kopi ini di roast/ sangrai sekitar 4 hari yang lalu ditingkat kematangan city+. Sedikit mengenai kopi ini, kopi ini merupakan hasil panen Desember 2014 kemarin di proses Basah. Sipirok merupakan kecamatan di kabupaten Tapanuli Selatan di Sumatera Utara. Sore ini kopi tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art. (Btw sewaktu membuat cappuccino, espresso tetap saya cicipin untuk memberi citarasa dan aroma yang original dari kopi ini).

Ok langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 21 gram dari biji kopi ini dan saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling/ grinder yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum eksperiment ini. Sewaktu biji kopi digiling, tercium aroma floral yang bercampur dengan aroma karamel yang tercium cukup manis dan mengundang selera. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso saya hidupkan, espresso yang berwarna coklat tua kemerahan mulai menetes dengan intensitas seperti madu. Setelah diperoleh sekitar 40ml, tuas saya matikan dan espresso saya untuk sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan, lalu setelah susu ready, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan cappuccino saya untuk sore ini sudah siap untuk dinikmati.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma dark chocolate kali ini tercium cukup intens dengan aroma sugar browning yang tercium cukup manis ditambah dengan sedikit aroma floral. Setelah kopi diminum terasa floral sekali dengan medium body, low acidity (espressonya memiliki medium acidity) ditambahkan dengan rasa chocolate yang terasa tertinggal cukup lama didalam rongga mulut. Overall menurut saya kopi yang luar biasa, terutama bagi yang senang dengan sensasi rasa dan aroma floral. Cocok sekali untuk dinikmati sebagai single origin dan mungkin campuran dengan komposisi terbesar dalam suatu blend yang lebih kompleks.

Anyway, selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila Anda tertarik mencoba Kopi Arabika Mandheling, greenbean dapat dibeli disini dan roasted bean/ bubuk dapat dibeli disini