Campuran dari beberapa kopi nusantara (Aceh, Jawa, Toraja, Papua, Bali) yang disajikan sebagai cappucino

Campuran dari beberapa kopi nusantara (Aceh, Jawa, Toraja, Papua, Bali) yang disajikan sebagai cappucino

Happy Valentine’s day para penikmat kopi nusantara, sore yang cukup berdebu di kota Malang dikarenakan adanya hujan debu dari gunung kelud yang meletus dini hari tadi. Untuk menemani coffee break saya sore ini, saya akan menggunakan campuran dari beberapa kopi arabika Nusantara yang tersisa di stok kita sore ini (roast date adalah 13¬† Feb 14 jadinya masih fresh sekitar 1 hari post roast). Tetap kopi akan disajikan sebagai cappucino seperti biasanya.

Pertama saya timbang sekitar 14 gram kopi (ada kopi Arabika Papua Wamena, Arabika Aceh Gayo, Arabika Bali Kintamani, Arabika Tanah Toraja, Arabika Jawa Timur), dan dimasukkan kedalam grinder. Dry aroma yang tercium cukup gado- gado sore ini ;) tercium aroma rempah- rempah yang khas dari Aceh Gayo, sedikit asam jawa dari arabika jawa, fruity dari Bali Kintamani, hint of coklat dari papua dan tentunya aroma khas dari Toraja juga. Selanjutnya proses dose-tamp- dan brew. Sewaktu tuas mesin espresso diangkat, kopi mulai keluar seperti madu dan setelah diperoleh sekitar 30 ml dalam kurang lebih 30 detik, tuas saya turunkan.  Aroma espresso yang tercium masih tetap gado- gado ;). Selanjutnya saya siapkan susunya untuk di stretch dan dipanaskan. Setelah susu ready, susu dicampurkan kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya, dan cappucino saya sudah ready sore ini.

Dari segi aroma, tercium aroma rempah- rempah yang khas dari Aceh dan aroma ini cukup dominan, dan sedikit tercium aroma manis dari karamel. Tegukan pertama terasa body yang medium, low acidity and dilanjutkan dengan rasa chocolaty yang tertinggal cukup lama didalam rongga mulut ditambah dengan sedikit rasa toffee. Menurut saya kalau aciditynya bisa ditambahkan sehingga menjadi medium bakalan lebih perfect untuk dijadikan  sebagai cappucino ataupun milkbased drinks lainnya.

Anyway selamat beraktivitas kembali dan salam Amstirdam.

Beberapa dari kopi nusantara yang kami supply dapat dibeli melalui link ini, dan kita supply green bean, roasted beans dan bubuk