Flores 27 Feb 15Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 78 saya akan menggunakan kopi yang berasal dari Flores Manggarai. Sedikit mengenai kopi ini, kopi flores manggarai ini merupakan kopi hasil panen tahun 2014 kemarin dan diproses basah. Kopi ini saya roast ditingkat kematangan city plus sebenarnya untuk filter sekitar 7 hari yang lalu. Karena iseng pengen mencoba kopi yang diroast filter untuk disajikan menggunakan espresso machine, sore ini kopi akan saya sajikan sebagai cappuccino dan juga sebagai espresso untuk sekalian membandingkan rasanya apabila black dan dicampur susu.

Langsung saja ke proses pembuatan nya. Pertama saya timbang sekitar 22 gram biji kopi ini, lalu saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling yang tingkat kehalusannya telah saya set sebelum eksperiment ini. Sewaktu biji kopi digiling, tercium aroma caramel dengan sedikit aroma chocolate  yang tercium cukup manis. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas mesin espresso dihidupkan, espresso yang berwarna coklat keemasan mulai menetes dan setelah diperoleh sekitar 30ml dalam kurang lebih 30 detik, tuas saya matikan dan espresso saya untuk sore ini sudah ready. Selanjutnya untuk membuat cappuccino, susu mulai saya stretch dan panaskan dan setelah susu ready, susu saya tuangkan ke salah satu cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan whoala espresso dan cappuccino saya untuk sore ini sudah ready dan siap untuk dinikmati.

Dari segi aroma dan citarasa. Pertama aroma espresso tercium lebih intens namun setelah diminum terasa sekali acidity yang high (remember filter roast ;) ), medium body, dengan citarasa caramel dan chocolate yang bertahan cukup lama didalam mulut. Selanjutnya untuk cappuccino, aroma caramel tercium manis sekali dan setelah diminum terasa body yang cukup kental dengan acidity yang masih terasa (medium) dan menurut saya acidity ini adalah salah satu factor yang membuat cappuccino ini nikmat sekali, ditambahkan dengan sensasi rasa caramel yang bercampur dengan sedikit chocolate. Overall menurut saya espresso yang kurang bisa dinikmati dikarenakan akan roast nya yang untuk filter tapi cappuccino yang lumayan nikmat. Dan mungkin juga sedikit unfair karena men-judge espresso ini menggunakan biji kopi yang sengaja diroast untuk filter.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Flores Manggarai ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini