Arabika Mandheling 260215Selamat sore para Penikmat Kopi Nusantara. Sore ini dalam Coffee Journey yang ke 77 ini saya akan menggunakan kopi arabika yang berasal dari Mandheling Sumatra. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2014 kemarin, diproses giling basah dan di roast ditingkat kematangan city+. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino dan espresso sekalian untuk latihan membuat latte art.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang sekitar 22gram biji kopi ini dan saya masukkan kedalam hopper dari grinder dengan setting gilingan seperti kemarin. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma paprika bercampur dengan buah belimbing dan karamel yang manis. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Tak lama setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan terlihat bahwa gilingan kopi agak terlalu kasar sehingga kopi menetes agak cepat. Akhirnya espresso tersebut dibuang dan gilingan mulai saya set lebih halus dari sebelumnya dan saya masukkan kembali 22 gram dari kopi ini. Sewaktu biji kopi digiling kali ini tercium aroma yang menurut saya lebih strong dari sebelumnya dan kemudian dilanjutkan dengan proses dose- tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan, espresso mulai menetes dengan intensitas yang menurut saya benar dan terlihat juga warnanya yang coklat keemasan. Setelah diperoleh sekitar 30ml dalam 30 detik, tuas saya matikan dan espresso saya sudah ready untuk sore ini. Untuk membuat cappuccino, susu saya stretch dan panaskan kemudian saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan whoala espresso dan cappuccino saya sudah ready untuk sore ini.

Dari segi aroma dan citarasa. Krema espresso terlihat cukup tebal dengan aroma karamel dan sedikit buat belimbing (menurut saya) yang cukup menonjol. Setelah espresso diminum, terasa body yang medium, berry like acidity dengan choco karamel finish. Untuk cappuccino,  aroma karamel tercium cukup mengundang selera, dan setelah diminum terasa medium body, dengan acidity yang sudah hilang ditambahkan dengan rasa choco karamel yang enak. Menurut saya kopi yang pas untuk dinikmati dalam bentuk espresso based drinks, dan mungkin untuk cappuccino terasa bahwa susunya sedikit overpowering espressonya, sehingga mungkin kalau susunya dikurangi akan membuat cappuccino ini lebih nikmat dan berkarakter.

Apabila Anda tertarik mencoba Kopi Arabika Mandheling, greenbean dapat dibeli disini dan roasted bean/ bubuk dapat dibeli disini