Aceh 24022015Selamat sore para Penikmat Kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 75, saya masih akan menggunakan kopi yang sama yang saya gunakan pada coffee journey 73 yaitu Aceh Gayo yang diroast ditingkat kematangan fullcity. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2014 kemarin dan merupakan mix dari proses basah dan giling basah. Sore ini kopi akan saya sajikan sebagai cappuccino dan espresso sekalian untuk latihan membuat latte art.

Langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 22 gram dari kopi ini, lalu saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling yang tingkat kehalusannya sudah diset sebelum experiment ini dibuat. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma yang lebih subtle dari biasanya sewaktu menggiling kopi ditingkat kematangan city+, aroma yang tercium adalah fruity lebih ke manisan buah kana (bisa di google), chocolate dengan aroma karamel yang gelap. Aroma menurut saya tercium lebih harum dari sewaktu coffee journey 73 dibuat. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6-7 detik setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan, espresso mulai menetes dengan warna coklat tua keemasan dan setelah diperoleh 30ml dalam kurang lebih 27 detik, tuas saya matikan. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan, dan dilanjutkan dengan proses menuangkan susu kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya. Dan espresso maupun cappuccino saya untuk sore ini sudah ready dan siap untuk dinikmati.

Dari segi aroma dan citarasa. Pertama untuk espresso, aroma fruity choco karamel tercium nikmat lebih intens dan setelah diminum terasa body dari kopi ini yang heavy plus acidity yang on the low side, diakhiri dengan citarasa chocolate yang terasa cukup lama didalam rongga mulut saya. Untuk cappuccino, aroma milk chocolate dengan sedikit aroma fruity tercium mengundang selera ditambahkan dengan body yang kental dan acidity yang nyaris tidak ada. Citarasa milk chocolate terasa agak lama tertinggal didalam rongga mulut saya. Overall menurut saya kopi ini mulai developed dan terasa citarasa dan aromanya yang mulai muncul keluar. Kopi yang pas untuk dinikmati sore hari sekalian untuk melepas penat.

Anyway, selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Aceh Gayo ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bean bubuk maupun biji dapat dibeli disini