Bali Kintamani 23022015Selamat sore para Penikmat Kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 74 ini saya akan menyajikan kopi menggunakan kopi arabika dari pulau dewata yaitu Bali Kintamani yang diroast 3 hari yang lalu ditingkat kematangan full city. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2014 kemarin dan di proses dry (ngga semua petik merah tapinya). Kopi sore ini masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino dan juga saya akan sajikan sebagai espresso untuk dapat lebih tepat mendeskripsikan kopi ini.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang sekitar 22 gram biji kopi ini, lalu saya tuangkan kedalam hopper dari grinder/ mesin penggiling yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma fruity chocolate yang bercampur dengan aroma karamel yang manis, sekilas aromanya hampir seperti kismis. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan, espresso yang berwarna coklat tua keemasan mulai menetes dengan intensitas awal seperti madu. Pas sebelum blonding tuas saya matikan dan diperoleh sekitar 3oml espresso. Selanjutnya untuk membuat cappuccino, saya panaskan dan stretch susu dan setelah susu siap, saya tuangkan susu kedalam 1 cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya, dan espresso maupun cappuccino saya sudah ready untuk sore ini.

Nah langsung aja ke hasil pengamatan atas citarasa dan aromanya. Pertama untuk espresso, aroma fruity chocolate bercampur karamel tercium mengundang selera, setelah diminum terasa low-med acidity dengan body yang tebal dan krema yang tebal juga, terasa juga rasa choco caramel yang tertinggal dimulut cukup lama. Untuk cappuccino, aroma chocolate tercium lebih manis, dengan sensasi aroma buah kismis, krema juga terlihat lebih gelap dari biasanya. Sewaktu diminum terasa rasa milk chocolate dengan acidity yang sudah nyaris tidak ada, dan diakhiri dengan rasa chocolate yang cukup dominan. Overall menurut saya masih terlalu awal untuk menjudge kopi ini karena baru 3 hari post roast, tapi sensasi rasa yang dirasakan cukup nikmat dan pas untuk dijadikan espresso based drinks. Dan mungkinĀ  agak boring untuk dapat dinikmati sebagai filter.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Bali Kintamani ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini