Kopi Arabika Bali Kintamani 29 Jan 15Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 71, saya akan menggunakan kopi yang sudah terkenal nikmat diantara para penikmat kopi nusantara, yaitu kopi arabika Bali Kintamani yang diroast sekitar 14 hari yang lalu ditingkat kematangan fullcity. Pada umumnya saya jarang menyangrai kopi sampai ke titik fullcity, cuma karena penasaran saja, saya coba bawa kopi ini ke tingkat kematangan yang lebih gelap. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2014 kemarin dan diproses basah. Kopi sore ini saya sajikan sebagai cappuccino yang saya rasa pas sekali untuk menemani saya melepas penat di sore yang mendung di kota Malang ini.

Langsung aja ke proses pembuatannya.  Pertama saya timbang sekitar 22 gram biji kopi ini lalu saya masukkan kedalam hopper mesin penggiling yang tingkat kehalusan nya telah diset sebelum experiment ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma darker roast yakni choco karamel yang lebih gelap dari biasanya dan aroma buah jeruk yang lebih kearah soft. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso yang berwarna lebih gelap dari biasanya mulai menetes dan terlihat lebih kental dari biasanya. Setelah diperoleh sekitar 30ml, tuas saya matikan dan susu mulai saya stretch dan panaskan. Selanjutnya setelah susu ready, susu saya campurkan kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya dan whoa-la cappuccino saya sudah ready untuk sore ini.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma choco caramel masih tercium cukup strong dan setelah kopi diminum terasa rasa choco caramel yang strong, body yang medium dan sedikit aroma buah jeruk dengan acidity yang sudah hilang karena telah tercampur susu. Overall menurut saya kopi yang nikmat, namun rasanya lebih mendekati classic espresso sehingga karakter asli dari kopi sudah mulai tidak tercium dan terasa.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Bali Kintamani ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini