Arabika Jawa / Java Arabica yang disajikan cappucino 13 Feb 14

Arabika Jawa / Java Arabica yang disajikan cappucino 13 Feb 14

Sore yang cukup panas dikota Malang, sepertinya bakalan hujan lebat sore ini, untuk menemani coffee break saya sore ini saya ingin mencoba menyajikan Kopi Arabika Jawa atau yang sering dikenal dengan nama Java Arabica dari Jawa Timur yang roast profilenya di rubah sedikit untuk tujuanĀ  experiment (roast date 8 feb 14, jadi kopi masih fresh sekitar 5 hari sesudah roast date). Untuk hari ini kopi masih tetap disajikan sebagai cappucino karena prosesnya yang ngga ribet tapi hasilnya luar biasa :)

Untuk menyajikan cappucino hari ini, seperti biasanya saya timbang sekitar 14 gram kopi dan langsung dimasukkan ke hopper grinder lalu dilanjutkan dengan proses dose- tamp – dan brew. Setelah kopi digiling dry aromanya tetap seperti biasanya yakni asam jawa namun hari ini aromanya ditambah dengan aroma karamel yang cukup tajam. Selanjutnya proses pembuatan espresso dimulai setelah tuas dari mesin espresso diangkat keatas. Kopi yang muncul menggunakan naked portafilter cukup anggun, seperti madu yang mulai berjatuhan dan tigerstrip yang kelihatan cukup jelas. Setelah diperoleh 30ml dalam 30 detik, tuas mesin espresso saya turunkan. Saya coba cium aroma dari espresso dan jelas sekali tercium aroma asam jawa ditambahkan dengan aroma manis dari proses karamelisasi. Selanjutnya susu saya siapkan dan setelah itu dituangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya.

Nah langsung ke penilaian-nya, aroma asam jawa dan karamel yang dominan, setelah tegukan pertama, terasa body yang tipis, low to medium acidity lalu dilanjutkan dengan sensasiĀ  rasa seperti daun jeruk purut (kaffir leaves). Kopi yang cukup spesial menurut saya. Tapi menurut saya roast profile yang lama dimana aroma asam jawa yang cukup dominan ditambah dengan hint of caramel lebih pas untuk dijadikan sebagai cappucino.

Anyway salam Amstirdam dan selamat beraktivitas kembali

Apabila tertarik mencoba Kopi Arabika Jawa Timur dapat dibeli disini