Kopi Arabika Java Jampit 160115

Kopi Arabika Java Jampit 160115

Selamat sore para penikmat kopi Nusantara. Sore ini menemani saya menghabiskan akhir pekan bersama keluarga adalah kopi arabika Java Jampit Peaberry ( Kopi Lanang) yang diroast ditingkat kematangan city plus plus (heheh antara city plus sama full city) sekitar 16 hari yang lalu. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2014 kemarin diproses basah dan berasal dari perkebunan pemerintah atau sering dikenal sebagai PTPN XII. Kopi sore ini saya sajikan sebagai longblack berhubung kiriman susunya belum sampe.

Langsung aja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 21 gram biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum nya. Sewaktu kopi digiling tercium aroma karamel chocolate dengan sedikit hint of spices. Selanjutnya proses dose- tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso ditarik, espresso yang berwarna coklat tua kemerahan mulai menetes seolah suspended oleh sesuatu. Setelah diperoleh sekitar 30 ml, tuas saya matikan dan selanjutnya saya tambahkan air panas kedalam cup yang telah terisi espresso sebelumnya dan longblack saya untuk sore ini sudah ready.

Dari segi aroma dan citarasa, aroma chocolate dengan spices dan karamel masih tercium cukup tajam dan setelah kopi saya minum terasa sekali body dari kopi ini yang medium, smooth dengan citarasa chocolate dan hint of spices, dan acidity yang low-medium. Overall kopi yang enak sekali dinikmati sebagai longblack. Kopi ini tidak fruity seperti kopi lain lainnya, ini lebih ke bold chocolaty flavour dan menurut saya pas sekali untuk dijadikan milkbased drinks dan tentunya espresso juga.

Anyway selamat menikmati akhir pekan anda, dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Java Jampit ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini