Kopi Arabika Toraja Sapan 9 Jan 14

Kopi Arabika Toraja Sapan 9 Jan 14

Selamat sore para Penikmat Kopi Nusantara. Dalam edisi pertama untuk tahun ini dan coffee journey yang ke 67, saya akan menggunakan kopi yang sudah terkenal dikalangan pecinta kopi nusantara maupun di luar negeri. Kopi ini beberapa kali telah berhasil memenangi lelang kopi dengan harga yang fantastis dan memang wajib untuk lebih dipasarkan oleh para master roaster ataupun pengusaha cafe dan penikmat kopi ke pasar yang lebih luas. Anyway, kopi ini diroast/ sangrai ditingkat kematangan city plus dengan profile yang sedikit lebih agresif dari biasanya sekitar 9 hari yang lalu. Kopi ini diproses semi wash dan merupakan hasil panen tahun 2014 kemarin. Kopi tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk melatih membuat latte art.

Pertama saya timbang sekitar 21 gram biji kopi ini (kopi saya buat double), lalu saya masukkan kedalam hopper mesin penggiling/ grinder yang tingkat kehalusan nya telah di set sebelumnya. Setelah itu dilanjutkan dengan proses dose – tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso ditarik, espresso mulai menetes dengan warna coklat keemasan dan setelah diperoleh sekitar 30ml, tuas saya matikan. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan. Setelah susu siap, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan whoa la cappuccino saya untuk sore ini sudah ready.

Dari hasil pengamatan saya, aroma yang tercium adalah aroma buah tropis yang manis sekali dan setelah kopi saya minum, terasa acidity yang hampir tidak ada (sudah tercampur susu), heavy body dengan citarasa karamel yang diakhiri dengan rasa chocolate, lebih ke milk chocolate. Saya rasa ini adalah kopi yang pas untuk memulai tahun baru ini dan ada teman yang bilang kalau kopi ini lebih enak kalau dinikmati sekitar 3 minggu setelah roast terutama kalau di roast dibawah city plus. Kalau memang ada sisa nanti mungkin akan saya experiment kan lagi kopi ini sekitar 20 harian post roast.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Toraja SapanĀ  ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini